Implementasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani SMA Sederajat Se-Kecamatan Semarang Barat Di Masa Pandemi Covid-19

Ananda Vian Saleh, Maftukin Hudah, Husnul Hadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan penliti tentang implementasi nilai – nilai karakter siswa pada pelajaran pendidikan jasmani SMA yang disebabkan  keraguan mahasiswa terhadap implementasi nilai karakter siswa pada pelajaran pendidikan jasmani SMA Sederajat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil implementasi nilai – nilai karakter siswa pada pelajaran pendidikan jasmani SMA Sederajat kususnya di kecamatan Semarang Barat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 06 Semarang, SMK Penerbangan Semarang, dan SMA Kesatrian 01 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama Guru menambahkan kegiatan pembelajaran dengan desain yang dapat menanamkan nilai karakter pada siswa seperti menggunakan metode yang mendukung penanaman nilai – nilai karakter bagi peserta didik, contohnya diskusi kelompok. Kemudian dengan mendambahkan sumber belajar melalui internet, menambahkan teknik penilaian sehingga ada teknik penilaian yang dapat digunakan untuk mengembangkan karakter siswa. Kedua, penanaman nilai – nilai karakter dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran pendidikan jasmani SMA sederajat se- kecamatan Semarang barat di masa pandemi COVID-19 sudah berjalan dengan baik. Pihak sekolah selalu berupaya dalam  menanamkan nilai karakter kepada siswa. Nilai karakter tersebut meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta damai dan tanggung jawab. Ketiga, kendala yang dihadapi guru yaitu beberapa peserta didik kurang patuh terhadap guru seperti siswa terlambat mengikuti pembelajaran secara daring, siswa masih terlambat mengumpulkan tugas secara daring. Dalam mengatasi kendala tersebut guru mengingatkan peserta didik dan melakukan pendekatan terhadap peserta didik. Perlu diadakanya penelitian lanjutan mengenai implementasi nilai – nilai karakter siswa pada pelajaran pendidikan jasmani SMA sederajat se-kecamatan Semarang barat di masa pandemi COVID-19 sehingga dapat lebih berkembang untuk menanamkan nilai karakter siswa pada proses pembelajaran tersebut.

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Abduh, Moch. 2019. Model Penilaian Karakter. Pusat Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Absari, Masduki, & Wakhida Nurhayati. 2020. Pengaruh Genetic Personality dan

Authoritative Parenting Style Terhadap Pendidikan Karakter di Aya Sophia Islamic School. Jurnal Pendidikan Edumaspul Volume.4 No.1 ISSN : 2580-0469.

Afriani, Riska, & Rediana Setiyani. 2015. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kejujuran, Penguasaan Soft Skill, dan Kematangan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akutansi SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Economic Education Analysis Volume.4 No.2 ISSN : 2252-6544.

Fitron, Mukhammad, & Mu’arifin. 2020.Suveri Tingkat Presepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani di SMA. Jurnal Sport and Health Volume.2 No.5 ISSN : 2715-3886.

Hudah, Maftukin, & Agus Suprijanto. 2018. Analisis Karakter Mahasiswa Upgris Atlet dan Non Atlet. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Semarang.

Hudah, Maftukin, & Aldan Nur Rais. 2020. Implementasi Materi Passing Bola Voli Dengan Media Bola Plastik dan Bola Voli Asli Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Volume.6 No.1 ISSN : 2580-143.

Kemendiknas. 2010. Undang – Undang No. 20 Tahun 2010, Norma Standard Prosedur dan Kriteria di Bidang Pendidikan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Kusumawardani, Mei. 2013. Skripsi Implementasi Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Mustafa, Pinton Setya, & M.E Winarno. 2020. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Aktivitas Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMK N 4 Malang. Jurnal Penjakora Volume.7 No.2.

Mongleong, J Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya offset. Bandung.

Ramdhani, Muhamad. 2014. Lingkungan Pendidikan dan Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Volume.8 No.1 ISSN :1907-9320.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Bandung.

Widiyatmoko, Fajar Ari & Maftukin Hudah. 2017. Evaluation Of Value Education Implementation Insportlearning. Jurnal Ilmiah Penjas Volume.3 No.2 ISSN : 2442-3874.

Widiyono, Yuli. 2020. Nilai Pendidikan Moral Dalam Serat Sangu Pati II Karya Ki Padma Sujana. Purworejo

Wijoyo, Hadion. 2020. Strategy Model For Character Education Through Digital Media For Courses And Training Participants. Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. ISBN: 978-602-74311-5-7.

Yadnyawati, Ida Ayu Gde. 2020. Pendidikan Karakter Bagi Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Widyanatya Volume.2 No.2 ISSN : 2656-5773.

Zaman, Badrus. 2019. Urgensi Pendidikan Karakter yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam Volume.2 No.2 ISSN : 2599-2724.




DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.