Penerapan Modifikasi Wooden Discs Uuntuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Lempar Cakram di SMP Negeri 1 Singorojo
Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen dengan metode pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive. Kriteria yang dinilai untuk mendapatkan sampel adalah hasil observasi nilai pembelajaran yang masih rendah. Maka sampel yang didapat dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Singorojo. Setelah itu kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan dan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Hasil peneltian penerapan modifikasi wooden discs dijelaskan bahwa rata-rata kelas kontrol untuk pretest 64,60 dan posttest 71,20. Kemudian rata-rata kelas eksperimen untuk pretest 67,40 dan posttest 86,80. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas kontrol terjadi kenaikan hasil belajar sebesar 10,2 %, sedangkan kelas eksperimen terdapat kenaikan hasil belajar yang lebih tinggi sebesar 28,8 %. Berdasarkan pengamatan selama proses penelitian berlangsung, ternyata hasil belajar lempar cakram meningkat, karena dengan alat modifikasi wooden discs ini mempermudah siswa ketika melakukan lemparan. Salah satu spesial dari alat wooden discs ini yaitu alat lebih ringan, menarik, dan ketika digunakan lebih mudah. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar lempar cakram melalui penerapan modifikasi wooden discs di SMP Negeri 1 Singorojo.
Full Text:
PDF (bahasa)References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu. Pendekatan Praktik.
Budiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Denatara, E. T. Keterampilan Pukulan Dropshot Permainan Bulutangkis pada Atlet Pb Jaya Raya Metland Jakarta. Jendela Olahraga, 3(1), 326720.
Karim, A., & Ikadarny, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menendang Bola pada Permainan Sepakbola melalui Modifikasi Alat Bantu Bola Pelastik pada Murid Kelas V SD Inpres Panggentungan Utara Kabupaten Gowa. Jendela Olahraga, 5(1), 59-64.
Kresnapati, P. (2018). Atletik. Semarang: UPGRIS PRESS.
Mardiana, A., Purwadi, & Satya, W. I. (2017). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ngatiyono, & Riswanty, D. P. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Solo: CV Usaha Makmur.
Pradipta, G. D. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140-147.
Pratikta, G. C. (2018). Pengaruh Modifikasi Permainan Softball terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, A. C. R. Penerapan Modifikasi Bola Plastik Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli (Studi pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Jombang).
Ysh, A.Y Soegeng;. (2017). Kapita Selekta Landasan Kependikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v7i1.8492
Refbacks
- There are currently no refbacks.