Persepsi Mahasiswa PJKR FKIP UPR Terhadap Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa PJKR FKIP UPR terhadap pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian berjumlah 165 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mempunyai persepsi netral sebanyak 34,2%, tidak setuju 29,4%, setuju sebanyak 26,1%, sangat setuju sebanyak 5,4 %, dan sangat tidak setuju 4,9% terhadap pembelajaran online di masa pandemic covid-19. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini mahasiswa mempunyai persepsi bersikap netral bahwa pembelajaran online dapat mendukung atau tidak terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan pembelajaran online yang dilakukan selama ini, mahasiswa diarahkan untuk belajar secara mandiri dan kreatif, serta mengembangkan keterampilan dan pengetahuan tentang teknologi dan komunikasi. Serta pada pembelajaran online ini mahasiswa tidak mudah akrab dengan dosen dalam berinteraksi, dan tidak mudah mengutarakan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran online kepada dosen. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran online ini sering terjadi kesalahpahaman antara dosen dan mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (bahasa)References
Adijaya, N., & Santoso, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2).
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I).
Bachtiar, B., Putri, A. P., & Maulana, F. (2021). Survei Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui E-Learning Siswa Smk Negeri Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 6(1), 17–27.
https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6293
Bentley, Y., Selassie, H., & Shegunshi, A. (2011). Student-focused elearning design and evaluation. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, March 2012, 53–61.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4).
Fortune, M. F., Spielman, M., & Pangelinan, D. T. (2011). Students’ Perceptions of Online or Face-to-Face Learning and Social Media in Hospitality, Recreation and Tourism. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 7(1), 1–16.
Hairunisa, N., & Amalia, H. (2020). Review: penyakit virus corona baru 2019 (COVID-19). Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2). https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.90-100
Handayani, D. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2).
Harvianto, Y. (2020). Kebugaran Jasmani (Y. Wisman (ed.); 1st ed.). K-Media.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.
Kučírková, L. (2012). A Comparison of Study Results of Business English Students in e-learning and Face-to-face courses. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 5(3). https://doi.org/10.7160/eriesj.2012.050306
Lin, E., & Lin, C. H. (2015). the Effect of Teacher-Student Interaction on Students ’ Learning Achievement in Online Tutoring Environment. International Journal of Technical Research and Applications E-ISSN: 2320-8163, 22(22).
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2). https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).
Sarwono, S. W. (2005). Pengantar psikologi umum. In Yogyakarta: Rajawali Pers.
Su, B., Bonk, C. J., Magjuka, R. J., Liu, X., & Lee, S. H. (2005). The importance of interaction in web-based education: A program-level case study of online MBA courses. Journal of Interactive Online Learning, 4(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Cetakan Ke-4. In Bandung: Alfabeta.
Zuriati, S., & Briando, B. (2020). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat Tanjungpinang. Webinar Dan Call for Papers “Menyongsong Era Merdeka Belajar.”
DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i2.8571
Refbacks
- There are currently no refbacks.