Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Olahan Sagu di Kota Palopo

andi rizkiyah hasbi, Harmita Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah ditemukannya informasi ilmiah mengenai keputusan pembelian produk olah sagu dengan memperhatikan beberapa atribut yang melekat pada produk olahan sagu tersebut. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan kuesioner yang digunakan sebagai alat bantu dalam  pengumpulkan data. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palopo. Pengambilan sampel dilakukan di tiga tempat merupakan daerah pemasaran produk olahan sagu yang dinilai cukup menjangkau responden, yaitu Pusat Oleh oleh, Pusat Niaga Palopo dan Toko Baru. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis multiatribut Fishbein Untuk mengetahui atribut apakah yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian olahan sagu di kota Palopo. Hasil penelitian ini atribut yang paling dipertimbangkan dalam pembelian olahan sagu di Kota Palopo yaitu pertimbangan utama sampai terakhir oleh konsumen pada saat membeli produk olahan sagu adalah dimulai dari faktor harga, kedua faktor merek, ketiga faktor rasa, Ketiga kemudahan memperoleh, keempat tempat dan faktor kemasan menjadi faktor terakhir dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Firdaus ., et. al. 2011. “Managing Costumer Preference for the food service Industry” International journal of innovations, management, and technology, vol 2 no 6

Badan Koordinasi Penanaman Modal. (2010). Potensi Sagu di Sulawesi Selatan. Diunggah darihttp://regionalinvestment.bkpm.go.id/

Ferrina dewi, Erna & Didit Darmawan, 2004, Perilaku Konsumen : Analisis Model Keputusan, Universitas Atmajaya Press, Yogyakarta.

Hayati., nur, Purwanti p., Kadir a.2014. Preferensi masyarakat terhadap makanan Berbahan baku sagu ( metroxylon sagu rottb) sebagai alternative Sumber karbohidrat di kabupaten luwu dan luwu utara Sulawesi selatan. JURNAL Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Vol. 11 No. 1 Maret 2014, Hal. 82 – 90

Ibrahim, K. dan H. Gunawan. 2015. Dampak kebijakan konversi lahan sagu sebagai upaya mendukung program pengembangan padi sawah di kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Pros Seminar Nasional Masyarakat Biodiversity Indonesia. 1 (5), 48-53.

Joshi, Neha. 2012. “A Study on Costumer Preference and Satisfaction towards Restaurant in Degradun City” Global journal of Management and Business research vol 12 issues 21 version 1.0.

Liljander, Veronica & Tore Strandvik, 1996. “Emotions in Service Satisfaction,” International Journal of Service Industry Management, vol. 8. no. 2, pp. 148-169.

Mowen, J.C dan Michael M. 2002.Perilaku Konsumen. Jilid I.(Diterjemahkan oleh: Lina Salim) Erlangga. Jakarta.

Syah, D. dan R.D. Hariyadi. 2004. Dukungan IPTEK dalam pengembangan pangan fungsional. Seminar Nasional Peningkatan Daya Saing Pangan Tradisional Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Bogor. p. 11-15.




DOI: https://doi.org/10.26877/jiphp.v4i1.4946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Pangan dan Hasil Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by: