ANALISIS ASPEK GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL IKLAN KECIK DALAM SURAT KABAR SOLOPOS

Djoko Sulaksono

Abstract


Wacana merupakan kajian kebahasaan yang terlengkap sehingga banyak data yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian wacana atau analisis wacana.Pembahasan dalam penelitian ini dibatasi pada analisis aspek gramatikal dan leksikal.Iklan merupakan informasi yang bertujuan untuk mengenalkan suatu produk kemudian menjualnya.Iklan kecik merupakan iklan yang terdapat dalam harian Solo Post yang secara umum berisi penawaran jual-beli suatu barang.

Full Text:

PDF

References


H.B. Sutopo. 2003. Metode Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Harimurti Kridalaksana. 1983. Kamus Linguistik (cetakan kedua). Jakarta: PT Gramedia.

Lexy J. Moeleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rhenald Kasali. 1992. Manajemen Periklanan (Konsep dan Aplikasinya di Indonesia). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

--------------------1994. Manajemen Public Relation: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Sarwiji Suwandi. 2010. Serba Linguistik: Mengupas Pelbagai Praktik Berbahasa (cetakan kedua). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Solopos hal XII.Kolom serba-serbi. Terbit hari kamis kliwon 12 mei 2011.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumarlam.2006. Analisis Wacana Tesktual dan Kontekstual. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah FSSR UNS.

Sumarlam. 2010. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Solo: Bukukata.

www.definisi+iklan/arti kata/iklan kecil.com




DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v1i2.4740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JISABDA Indexed by:

    


Copyright of JISABDA 2715-7563 (media online) and 2715-6281 (media cetak)

Creative Commons License
JISABDA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.