NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM SERAT SANGU PATI II KARYA KI PADMA SUJANA

Yuli Widiyono

Abstract


Tujuan dari makalah ini adalah mendeskripsikan nilai pendidikan moral yang terdapat pada serat Sangu Pati II karya Ki Padma Sujana. Serat tersebut berisi sikap dan watak yang harus dilakukan dalam menjalani perjalanan hidup dari lahir sampai meninggal yaitu ajaran yang harus disiapkan untuk menjalani dunia sampai dengan kehidupan selanjutnya yaitu kehidupan akhirat.  Mengangkat kembali nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Daerah melalui pengkajian karya sastra lampau berupa naskah merupakan salah satu upaya penting untuk mendukung kompetensi, kecapakan, dan menanamkan kepedulian peserta didik terhadap diri sendiri, sesama, dan Tuhan. Karya sastra Jawa dengan nilai–nilai kearifan lokal memiliki kontribusi besar terhadap kekayaan budaya nasional. Peran pentingnya kebijakan pemerintah dalam membina dan memelihara kekayaan daerah memberikan dampak terhadap kelangsungan nilai-nilai luhur yang terdapat di dalam naskah-naskah Jawa. Dengan mengilhami dan mengaplikasikan nilai pendidikan moral dalam serat Sangu Pati II karya Padma Sujana diharapkan mampu memberikan peran dalam meningkatkan budi pekerti, sehingga mampu mendukung terciptanya bangsa yang bermartabat dan memiliki karakter yang kuat dengan nilai bahasa, sastra, budaya yang adiluhung.

Full Text:

PDF

References


Ali M.N. 1979. Dasar-dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Mutiara.

Asia Padmopuspita. 1990. “Citra Wanita dalam Sastra” Dalam Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Pengabdian Masyarakat.

Burhan Nurgiyantoro. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Darusuprapta. 1985. Serat Wulangreh. Surabaya: Citra Jaya.

Farkhan Ahmad, 2012. Peran Sekolah dalam Menghentikan Budaya Tawuran. http://log.viva.co.id/news/read/356685-peran-sekolah-dalam-menghentikan-budaya-tawuran. Diakses tanggal 6 Januari 2013.

Karsono H. Saputra 2001. Puisi Jawa Struktur dan Estetika. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Padmosoekotjo, S. 1956. A Ngengrengan Kasusutraan Djawa I. Jogjakarta: Hien Hoo. Sing.

Padmosoekotjo, S. 1956. B Ngengrengan Kasusutraan Djawa II. Jogjakarta: Hien Hoo. Sing.

Poerwadarminto, W. J. S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolters Uitgevers Maatschappij. NV.

Sapardi Djoko Damono. 2001. Sastra Jawa Suatu Tinjauan Umum. Jakarta: Balai Bahasa

Sjarkawi. 2002. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta: Bumi Aksara.

Subalidinata, R. S. 1994. Kawruh Kasustraan Jawa. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.

Zulfahnur, dkk.1996. Teori Sastra. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jisabda.v1i2.4741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.