TRANSFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH: OPTIMALISASI APLIKASI “ALI TOPAN” UNTUK PENCEGAHAN PERUNDUNGAN
Abstract
Perundungan dapat menjadi masalah nyata dalam lingkungan pendidikan yang memengaruhi keamanan dan kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen program pencegahan perundungan berbantuan aplikasi "Ali Topan" dalam meningkatkan iklim keamanan di SDN Sawah Besar 01 Kota Semarang. Studi ini berfokus pada empat aspek utama manajemen: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi "Ali Topan" telah membantu sekolah dalam mendeteksi dan menangani kasus perundungan dengan lebih efektif melalui pelaporan digital yang cepat dan transparan. Selain itu, kepala sekolah memainkan peran strategis dalam mengoordinasikan kebijakan anti-perundungan dengan melibatkan guru, siswa, dan orang tua. Hasil analisis juga menunjukkan peningkatan skor raport mutu pendidikan dalam aspek iklim keamanan sekolah dari tahun 2022 ke 2024. Faktor keberhasilan implementasi program ini meliputi dukungan kebijakan sekolah, keterlibatan aktif seluruh pemangku kepentingan, serta pemanfaatan teknologi sebagai alat intervensi yang inovatif. Studi ini menyarankan pengembangan lebih lanjut fitur aplikasi untuk meningkatkan efektivitas intervensi berbasis data dalam mengatasi perundungan di lingkungan sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almaidha, N. (2023). "Kasus Bullying di Indonesia". Inilah.com.
Amanda, R. (2021). Dampak Perundungan pada Kinerja Akademik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Anoraga, P. (2019). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Basri, M. (2021). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Coloroso, B. (2019). Tindakan Perundungan: Perspektif Psikologis. Bandung: Mizan.
Daryanto, S. (2021). Pengelolaan Sumber Daya Sekolah. Surabaya: Erlangga.
Daryanto. (2021). Manajemen Kepala Sekolah: Strategi Efektif untuk Peningkatan Kinerja. Jakarta: Gramedia.
DPR RI. (2023). "Laporan Data Kasus Perundungan di Indonesia".
Federasi Serikat Guru Indonesia (2023). "Statistik Kasus Perundungan di Indonesia."
Fitria, F. (2021). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Griffin, R. W. (2020). Management. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Hartono, A. (2019). Pengantar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Andi.
Hasibuan, M. S. P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2020). Educational Administration: Theory, Research, and Practice. Boston: McGraw-Hill.
Jones, G. R., & George, J. M. (2021). Contemporary Management. Jakarta: Erlangga.
Katadata. (2023). "Data Statistik Kasus Perundungan di Sekolah." Retrieved from www.katadata.co.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2019). Laporan Pendidikan dan Bullying di Indonesia. Jakarta.
Lisnawati. (2023). Dalam Teti et al., Manajemen Pendidikan di Era Digital. Bandung: Alfabeta.
Mangkunegara, A. P. (2024). Manajemen Eksekusi dan Operasional. Surabaya: Penerbit Erlangga.
Mangkunegara, A. P. (2024). Manajemen Organisasi Modern. Surabaya: Penerbit Erlangga.
Marlina, T. (2024). "Pengaruh Perundungan terhadap Kesejahteraan Siswa." Jurnal Pendidikan Dasar, 12(4), 3609–3620.
Mintzberg, H. (2020). The Nature of Managerial Work. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi, A. (2019). Manajemen Perencanaan Strategis. Bandung: Penerbit Abdi.
Mulyadi. (2020). Manajemen Pengawasan dalam Organisasi Modern. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyasa, E. (2019). Manajemen Kepala Sekolah yang Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muthiah, A., et al. (2023). "Kategori Perundungan di Kalangan Siswa SD." Jurnal Psikologi Anak, 7(2), 213–225.
Nurcholis, M., & Harini, A. (2019). Dasar-Dasar Manajemen: Kajian Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Puspitasari, D. et al. (2020). "Efektivitas Manajemen dalam Dunia Pendidikan".
Robbins, S. P. (2020). Management. Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.
Rohman, T. (2023). Teori dan Implementasi Pengawasan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Siagian, S. P. (2023). Manajemen Operasional dalam Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukasih, T., et al. (2022). Statistik Kasus Perundungan di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Perencanaan dalam Organisasi. Surabaya: Penerbit Jaya Abadi.
Susilo, B. (2024). Manajemen Pengawasan dan Kinerja Organisasi. Surabaya: Airlangga University Press.
Sutarto, D. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Organisasi. Bandung: Penerbit Andi Offset
Sutrisno, A. (2021). Pengawasan dan Kontrol Manajerial. Yogyakarta: Andi Offset.
Sutrisno, B. (2020). Manajemen Perencanaan: Teori dan Aplikasi di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Mandiri.
Sutrisno, E. (2021). Manajemen Pelaksanaan Kerja. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
UNICEF. (2022). Bullying in Schools: Prevention and Intervention. New York: UNICEF Publications.
Wibowo, A. (2021). Manajemen Strategis dan Operasional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wibowo, P. (2022). Manajemen Organisasi dan Perencanaan Strategis. Semarang: Penerbit Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v14i1.22478
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd.
Phone: +6281326610478
Email: [email protected]


2.png)

1.png)