KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR (IPAS) PADA SISWA KELAS IV SDN SEMBUNGJARJO 02 SEMARANG
Abstract
Abstrak
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS dan motivasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap hasil belajar?, 2) Apakah siswa dapat mencapai hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ?, 3) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap hasil belajar (IPAS)? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada jenis tumbuhan dan fungsinya kelas IV SDN Sembungharjo 02 Semarang dilihat pada hasil belajar.Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pretest-posttest . Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN Sembungharjo 02 Semarang tahun pelajaran 2024. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas IV dengan menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi .Hasil analisis berdasarkan sebelum penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (pretest) nilai rata-rata siswa hanya 48,83 dan saat telah menerapkan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (posttest) nilai rata-ratanya menjadi 85,16. Disimpulkan bahwa melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Hasil uji t terhadap hasil belajar t_hitung lebih besar dari t_tabel maka diperoleh (t_hitung=22,878 dan t_tabel= 2,766, maka diperoleh t_hitung > t_tabel. 22,878 > 2,766). Kesimpulannya bahwa Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif terhadap hasil belajar siswa.
Abstract
This research was conducted at Daleman State Elementary School located in the Pantura area of Semarang-Demak where the Pantura area is known for its harsh environment and the majority of parents of students who work as factory workers with working hours from morning to night. This research was conducted to determine the learning methods and the role of teachers in building the character of fifth grade students through Pancasila Education learning with. The research was conducted using interview, observation, and documentation methods in descriptive qualitative research. This study found that in Pancasila Education learning, teachers used lecture methods, discussions, questions and answers, and simulations which were used to teach Pancasila values to students. Teachers also act as class managers, supervisors, inspirators, motivators, counselors, explorers, and as substitute parents at school where this is to create a conducive learning atmosphere, provide support, inspire, motivate, and help understand abstract concepts and provide empathetic attention to students. Suggestions that can be conveyed, it is hoped that teachers can improve and develop their competence in using innovative and participatory learning methods, and strengthen their role as role models and motivators for students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Koiru lif dan Sofan Amri. 2014. Pengembangan dan Model Pebelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Atminingsih, Dyah., Wijayanti, Arfilia., Ardiyanto, Asep. Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 2019,
Efendi, R., Wijayanti, A., & Hartati, H. (2024). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pemblajaran IPAS Kelas 4 di SDN Pedurungan Lor 02. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 751-755.
Dahan,A., (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 118
Daryanto, H. (2013). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Klasifikasi Di SDN Muhammadyah Surakarta 1 Butuhan Delanggu Surakarta
Hamalik, Oemar.2005. Proses BelajarMengajar.Bandung: BumiAksara.
Hamalik, Oemar. (2016). Inovasi Pendidikan : Perwujudannya dalam Sistem Pendidikan Nasional, YP. Permindo, Bandung
Hamdani. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif danBerkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Hidayati, Silvi. 2015. “Pengaruh model pebelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran siswa kelas IV SDN Dwimulyo 01 Temanggung”. Skripsi. Universitas PGRI Semarang
Huda. Miftahul. 2013. Model-model Penajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Maslichach Asy’ary (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIN 16 Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo)
Nawawi, Hadari. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta:Gajahmada Universty press.
Pandu, Leonardus Baskoro. 2013. “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran konputer di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta”. E-Journal Progam Studi Pendidikan Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Purwanto, Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohmah, R. K., & Wijayanti, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Pbl Pada Subtema Kelas Iii Sdn Sambirejo 02 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1722-1738.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.Sari, Dewi
Renita. 2015. “Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learningdengan media grafis terhadap hasil”. E-Journal Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Lampung.
Setiawan, Budi. Teknik hitung manual analisis regresi linear berganda dua variabel bebas.2017
Slameto. 2013. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT RinekaCipta.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.90
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:Graha Ilmu
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mia Fariska Rahmadani, Mei Fita Asri Untari, Arfilia Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.