PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA FASE B DI SD NEGERI MARGOREJO 02 PATI
Abstract
Abstrak
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia serta untuk kemajuan suatu bangsa (Kurniawan, 2019). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis karakteristik dan mengevaluasi kevalidan modul ajar berdiferensiasi Kurikulum Merdeka pada materi Bagian Tubuh Tumbuhan berbasis Project Based Learning pada fase B di SD Negeri Margorejo 02 Pati. Berkaitan dengan muatan yang berisi tujuan, metode, serta hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch adn Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis. Design, Development Implementation and Evaluation). Hasil penelitian ini berhasil membuat, mendesain dan memodifikasi modul ajar SD Negeri Margorejo 02 Pati menjadi modul ajar berdiferensiasi khususnya materi bagian Tubuh Tumbuhan pada Fase B menjadi modul ajar berdiferensiasi yang sudah dilengkapi dengan komponen-komponen modul ajar berdiferensiasi pada umumnya, serta dilengkapi dengan desain modul ajar yang menarik. Modul Ajar Berdiferensiasi dapat diterima oleh guru, siswa dan 2 dosen validator. Dari hasil penskoran yang sudah didapat oleh 3 validasi ahli materi 1 dan ahli materi 2 yakni oleh kedua dosen dengan hasil nilai 84,5 dinyatakan valid dan layak digunakan atau diterapkan. Hasil dari rata rata nilai postest dan postest peserta diik dinyatakan meningkat dengan rata rata nilai 85,00. Untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi belum sepenuhnya dan sebagian besar belum memenuhi ketetapan yang ditetapkan. Pembelajaran berdiferensiasi diterapkan pada jenjang Sekolah Dasar, karena pembelajaran berdiferensiasi memerlukan waktu (JP) yang panjang, disamping itu pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi memerlukan sarana dan prasarana yang memadai dan dibutuhkan skill ( keterampilan) pendidik yang kompeten. Pada dasarnya pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya diterapkan pada jenjang Sekolah Dasar saja tetapi juga pada jenjang SMP hingga SMA. Disamping itu untuk kelengkapan penulisan modul ajar berdiferensiasi selebihnya sudah lengkap karena sebelumnya ada pedoman dari salah satu sekolah
Abstract
Education is one of the important factors in determining the quality of human resources and for the progress of a nation (Kurniawan, 2019). The purpose of this study was to analyze the characteristics and evaluate the validity of the Independent Curriculum differentiated teaching module on the material of Plant Body Parts based on Project Based Learning in phase B at SD Negeri Margorejo 02 Pati. Relating to the content containing the objectives, methods, and results of the study. This study uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE (Analysis. Design, Development Implementation and Evaluation) development model. The results of this study succeeded in creating, designing and modifying the teaching module of SD Negeri Margorejo 02 Pati into a differentiated teaching module, especially the material on Plant Body Parts in Phase B into a differentiated teaching module that is equipped with components of differentiated teaching modules in general, and is equipped with an attractive teaching module design. The Differentiated Teaching Module can be accepted by teachers, students and 2 validator lecturers. From the scoring results obtained by 3 validations of material experts 1 and material experts 2, namely by the two lecturers with a score of 84.5, it was declared valid and suitable for use or implementation. The results of the average posttest and posttest scores of students were stated to have increased with an average score of 85.00. The implementation of differentiated learning has not been complete and most have not met the established requirements. Differentiated learning is applied at the Elementary School level, because differentiated learning requires a long time (JP), besides that the implementation of differentiated learning requires adequate facilities and infrastructure and competent educator skills are needed. Basically, differentiated learning is not only applied at the Elementary School level but also at the Junior High School to High School levels. In addition, for the completeness of writing differentiated teaching modules, the rest is complete because previously there were guidelines from one of the schools.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, D. W. (2016). Solusi Pembelajaran DalamKeberagaman Siswa Di Kelas Inklusif Trihayu. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 2, Nomor 3, 340-349.
Bayumi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish. Djanulis, S. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Ekowati, B. I. (2019). LITERASI NUMERASI UNTUK SEKOLAH DASAR. Malang : UMM Press.
Fahlevi, M. R. ( 2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka. 11– 27.
Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.
Kurniawan, S. ,. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. In Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan), 622– 629.
Lutfiana Indah Sari, H. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal edukasi UNEJ 1, 11–14.
Ngalimun. ( 2013). Strategi Dan Model Pembelajaran . Yogyakarta: AswajaPresindo.
Rachmawati, N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6, no. 3, 3613–3625.
Reynoso, S. R. (2013). Aprendizaje diferencial aplicado alsaque de voleibol en deportistas noveles. Apunts Educación Física y Deportes 114, 45–52.
Sani, R. A. ( 2014). Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara. Schöllhorn, W. I. (2000). Applications of systems dynamic principles to technique and strenght training. . Acta Academiae Olympiquae Estoniae, 8, 67–85.
Andini, D. W. (2016). Solusi Pembelajaran DalamKeberagaman Siswa Di Kelas Inklusif Trihayu. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 2, Nomor 3, 340- 349.
Bayumi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish.
Djanulis, S. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Ekowati, B. I. (2019). LITERASI NUMERASI UNTUK SEKOLAH DASAR. Malang : UMM Press.
Fahlevi, M. R. ( 2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka. 11–27.
Fitri, L. A. (2013). Pengembangan Modul Fisika Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains Untuk Mengoptimalkan Minds-On SiswaSMANegeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi 3(1): 19–23.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. 1–37.
Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Yrama Widya.
Kurniawan, S., (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. In Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan), 622–629.
Lutfiana Indah Sari, H. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal edukasi UNEJ 1, 11–14.
Ngalimun. ( 2013). Strategi Dan Model Pembelajaran . Yogyakarta: AswajaPresindo. Rachmawati, N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.
Reynoso, S. R. (2013). Aprendizaje diferencial aplicado alsaque de voleibol en deportistas noveles. Apunts Educación Física y Deportes 114, 45–52.
Schöllhorn, W. I. (2000). Applications of systems dynamic principles to technique and strenght training. . Acta Academiae Olympiquae Estoniae, 8, 67–85.
Setyowati, D. A. (2019). Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Project Based Learning dan Discovery Learning Berbantuan Media Video Animasi Graphic Motion pada Peserta Didik KelasX SMA. Semarang: Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Sitorus, P. S. (2022). Effect of Differentiation Learning Strategies on Student Learning Results. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2654–2661.
Sutikno. (2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistika.
Tedjokoesoemo, P. N. (2020). Addressing The Independent Learning Curriculum (Kurikulum Merdeka Belajar) as a Form of Positive Disruptionto Empower the Community. Repository.Petra.ac.id.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tristaningrat, I. K. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1, 17.
Wahyuningsari, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan 2, no. 04, 529– 535.
Walsh, K. (2017). Self-directed learning at the point of care. Journal of InnovAiT. Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiryanto, S. S. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 4, 3041– 3052.
Yuhaga. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Pelatihan Di Sd Negeri 1 Pandran Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. 22(1).
Zahri, M. F. (2023). Kemampuan Menyusun Modul Ajar Guru SD Pada Sekolah Penggerak Di Kabupaten Bangkalan. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 7(1), 93–106.
Andriani. S. dkk. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7079–7080.
Anggraini, P. D. , & W. S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 292–299.
Ani Cahyadi, M. P. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Laskita Indonesia.
Fitra, devi kurnia. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas VII SMP. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 278–290.
Fitri, H. , D. I. W. , & S. S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201.
Kemendikbud RI. (2021). Panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Nuridin, D., Program, D., Manajemen, S., Unkris, F. E., Kampus, A. :, & Timur,
J. J. (n.d.). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PRODUK FASHION PADA ONLINE SHOP YELLOW FACY JEANS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Nuridin 2) 2).
Manalu, J. B. , S. P. , H. N. , & T. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86.
Marinda Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikannya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152.
Rahayu, . dkk. 2022. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rahmadayanti, D. , & H. A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Rusdiana, H. A. (2014). Konsep inovasi pendidikan (Cet. 1). Pustaka Setia.
Santoso, B. P. , & W. F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1–6.
Sumarsih, I. E. A. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8358.
Sundari, S. , & F. E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136.
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105– 2118.
Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic EducationManagement, 2(1), 39–51.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fierda Tri Hesti Shafira, Arfillia Wijayanti, Fillia Prima Artharina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.