KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5 SD N 1 TAWANGHARJO

Deviana Lailatul Rofiiah, Duwi Nuvitalia, Fine Reffiane

Abstract


abstrak

Keywords


Project Based Learning Learning Model, Creativity, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain kuasi eksperimen dalam pendidikan: Literatur review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Kusmiati, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 206-211.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Jurnal Elementary Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary, 3(1), 1–5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

Miftah, N. A., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Project Based Learning pada Tema 3 Benda di Sekitarku untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Kelas III SD Negeri 4 Cindaga. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 219-230.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092.

Nuvitalia, D. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan Untuk Menumbuhkan Kepedulian Pada Lingkungan.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 13(1).

Rumina, R. (2024). Tehnik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Pendidikan. ILJ: Islamic Learning Journal, 2(1), 157-177.

Reffiane, F., Sudarmin, S., Wiyanto, W., & Saptono, S. (2020). Analisis Penggunaan LMS SPADA UPGRIS pada Mata Kuliah IPA Program Studi S1 PGSD Universitas PGRI Semarang dengan Pendekatan Etno-STEM. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 898-901). Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.

Setyosari, Punaji. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, S. (2005). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suratno, T. (2012). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Sampoerna Fondation Instutut.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Deviana Lailatul Rofiiah, Duwi Nuvitalia, Fine Reffiane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.