ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI SIDOKERTO 03 PATI

Dita Septian, Mira Azizah, Kiswoyo Kiswoyo

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan gaya belajar siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati. Dengan memetakan gaya belajar, siswa dapat mengetahui gaya belajarnya sendiri dan juga dapat meningkatkan mutu guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas. Alasan memetakan gaya belajar ini adalah sebagai tambahan referensi bagi mahasiswa-mahasiswa atau pembaca yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai perbedaan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif menyesuaikan pendapat antara peneliti dengan informan. Pemilihan metode ini dilakukan karena segala fenomena yang ada di masyarakat secara jelas. Berdasarkan angket tentang gaya belajar visual yang sudah dikerjakan oleh siswa kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati, didapatkan hasil bahwa 65,41 % jawaban “Ya”. Untuk angket gaya belajar auditori didapatkan hasil bahwa 75% jawaban “Ya”. Sedangkan angket gaya belajar kinestetik yang sudah dikerjakan didapatkan hasil bahwa sebesar 62,91% untuk jawaban “Ya”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di kelas 4 SD Negeri Sidokerto 03 Pati gaya belajar yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar auditori dibandingkan dengan gaya belajar visual maupun gaya belajar kinestetik. Siswa kelas yang memiliki gaya belajar visual ada 5 siswa, yang memiliki gaya belajar auditori ada 16 siswa dan gaya belajar kinestetik ada 3 siswa. 

Keywords


Analysis, Learning Styles, and Indonesian

Full Text:

PDF

References


Auliyah Nasiyatul, Ikha Listyarini, Muhammad Prayito. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas VI A SD Negeri Sarirejo. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Volume 09 Nomor 02. Semarang: Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang.

Azzahrah Putri R., Ina Magdalena, Ana Fauziah, Fitri Nur Azizah. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 1(2), 157-163. Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia.

Finundi, L. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.

Fitrilia, R.D., Ratih, P., & Yuyus R. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 13, Nomor 02, Desember 2021, Hal. 75-80. Bogor: Universitas Pakuan Kota Bogor.

Kurniati, A. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa.

Putri, N.D., Yeni A., Andriana S. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Lubuklinggau Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Linggau Jurnal Of Elementary School Education. Vol 2 No 1 Januari 2022. Lubuklinggau: STKIP PGRI Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia.

Wibowo, A.T., Duwi N., Husni W. (2023). Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Sendangmulyo 02. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Volume 09 Nomor 02, Juni 2023. Semarang: Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dita Septian, Mira Azizah, Kiswoyo Kiswoyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Powered by OJS, design by themeOJS.