EFEKTIVITAS PENDEKATAN JAS PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 01 TAWANGHARJO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendekatan JAS pada pembelajaran struktur bagian tubuh-tumbuhan dan fungsinya terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 01 Tawangharjo pada mata pelajaran IPAS. Pengumpulan data melalui beberapa cara antara lain dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desaign one-group pretest-postest. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil belajar pretest dengan rata-rata sebesar 55 dan hasil belajar posttest rata-rata yang diperoleh sebesar 87. Kemudian dilakukan analisis hasil data dengan menggunakan Uji-t yang akan mengungkapkan apakah perlakuan tersebut efektif atau tidak. Dengan thitung sebesar 9,614 dengan db = 15 dan taraf signifikan 5% didapatkan ttabel sebesar 2,131. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada efektivitas yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan JAS pada pembelajaran struktur bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Tawangharjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 25- 32.
Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi kedua Cetakan Keempat. Jakarta: PT. BumiAksara
Arini, D. A., & Gianistika, C. (2023). Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Primary Edu, 1(2), 224-234.
Chamaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT Grasindo, anggota IKAPI
Fabilla, W., Wijayanti, A., & Cahyadi, F. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Ipa Melalui Metode Three Tier Test Di Sd Negeri Wonowoso 1 Demak. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(2), 129-142.
Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS. Bandung. Alfabeta.
Hani, S. U., Haliq, M. I., & Lestari, D. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 4 (4), 2129 - 2137
Khoirurrijal, K., Fadriati, F., Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, T., … & Suprapno, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi Perumahan.
Rosida, F. A., & Nuvitalia, D. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 7954-7963.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94
Putri, D. A., Hetilaniar, H., & Dirgantara, M. R. D. (2022). Pembelajaran IPA Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar pada Kelas V SD. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 992-1002
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7 (5), 2873 – 2879
Salu, B. (2015). Penerapan metode jelajah alam sekitar (jas) untuk meningkatkan motivasi dan nilai hasil belajar siswa kelas vi sdn no 214 kalumpang tahun 2015 – 2016. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 961-983.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, M (2021). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. Surabaya. Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yunita Arfiani, Duwi Nuvitalia, Fajar Cahyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.