PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APPRECIATION CARD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 4 KOTA TEGAL
Abstract
Abstrak
Demas Aji Prakusya. NPM. 21126001. Skripsi “ Peningkatan Hasil Belajar Mengapresiasi Karya Seni Rupa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Appreciation Card Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal.” , Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang, 2024. Dosen Pembimbing I: Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd., dan Dosen Pembimbing II: Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum.
Perolehan nilai pada pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa pada siswa Kelas IV SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2023/2024 menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa Kelas IV serta performansi guru pada materi mengapresiasi karya seni rupa melalui penggunaan media pembelajaran appreciation card di SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal.Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu siswa Kelas IV SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini yaitu rata- rata kelas minimal 75, persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%, keberanian siswa dalam mengajukan/menjawab pertanyaan guru >=50%, keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran >=75% dan skor performansi guru minimal 70. Hasil penelitian diperoleh persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75.70% dan meningkat menjadi 90.20% pada siklus II. Jadi persentase aktivitas belajar mengalami peningkatan sebesar 19.16%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 59.58 dan meningkat menjadi 80.80 pada siklus II. Jadi rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 35.62%. Sedangkan persentase tuntas belajar klasikal pada siklus I sebesar 56.52% dan meningkat menjadi 86.96% pada siklus II. Jadi persentase tuntas belajar klasikal mengalami peningkatan sebesar 53.86%. Performansi guru pada siklus I sebesar 83.85 dan meningkat menjadi 97.35. Jadi performansi guru mengalami peningkatan sebesar 16.10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran appreciation card dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru pada materi mengapresiasi karya seni rupa pada Kelas IV SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal. Oleh karena itu, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran appreciation card dalam pembelajaran mengapresiasi karya seni rupa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyhar, R, 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Berlian. U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. 2022. Implemantasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research. Vol 10, No 1. hlm. 1-52.
Budiman, Nandang. 2006. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Hamid, M., Ramadhani, R. Juliana, M. Safitri Melani, Jamaludin, M., & Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran (T. Limbong, Ed,; I). (Yayasan Kita Menulis).
Kemendikbud. 2021. "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. hlm. 1-136.
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), Vol 1, No 2. hlm. 29–35.
Ningrum, A.S. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Vol 1, No 1. hlm. 166-177.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna I. R., & Susanti, E.I. 2021. Prinsip Pengembangan Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Kementerian Pendidikan, Dan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Rahayu, R., Rosita, R. Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihatini. 2021. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. Vol 5, No 4. hlm 2541-254
Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 14, No 1, hlm. 15– 26.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Demas Aji Prakusya, Mei Fita Asri Untari, Ikha Listyarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.