PENGEMBANGAN MEDIA PAPER BOOK INTERAKTIF PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan produk pengembangan media Paper Book Interaktif pada materi Wujud Zat dan Perubahannya kelas IV sebagai Pendukung Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Tahapannya ada 10 tahap yaitu: 1) Pengumpulan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Draf Produk, 4) Uji Coba Lapangan Awal, 5) Revisi Uji Coba, 6) Uji Coba Lapangan, 7) Penyempurnaan Produk, 8) Uji Pelaksanaan Lapangan, 9) Penyempurnaan, 10) Deseminasi atau Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media yaitu dosen pendidikan guru sekolah dasar Universitas PGRI Semarang dan guru kelas IV SD Negeri Kayen 04. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 20 peserta didik kelas IV SD Negeri Kayen 04. Hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran paper book interaktf pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV sebagai pendukung pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar layak digunakan sebagai media pembelajaran. Peserta didik kelas IV merespon positif adanya media pembelajaran berdiferensiasi pada materi wujud zat dan perubahnnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyhar, R, 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Berlian. U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. 2022. Implemantasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research. Vol 10, No 1. hlm. 1-52.
Budiman, Nandang. 2006. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Hamid, M., Ramadhani, R. Juliana, M. Safitri Melani, Jamaludin, M., & Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran (T. Limbong, Ed,; I). (Yayasan Kita Menulis).
Kemendikbud. 2021. "Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. hlm. 1-136.
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), Vol 1, No 2. hlm. 29–35.
Ningrum, A.S. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Vol 1, No 1. hlm. 166-177.
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna I. R., & Susanti, E.I. 2021. Prinsip Pengembangan Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). Kementerian Pendidikan, Dan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
Rahayu, R., Rosita, R. Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihatini. 2021. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. Vol 5, No 4. hlm 2541-254
Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 14, No 1, hlm. 15– 26.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ayu Rahmawati, Filia Prima Artharina, Choirul Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.