ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KELAMPOK 01 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES

Mohkamad Dimas Prayitno, Suyitno Suyitno, Muhammad Arief Budiman

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan profil pelajar yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Klampok 01, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses implementasi, kendala yang dihadapi, serta hasil yang dicapai dari proyek ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa sekolah telah berhasil mengembangkan dan menerapkan lima komponen utama dalam proyek ini, dengan tingkat efektivitas keseluruhan sebesar 79%, yang dikategorikan mendekati sesuai. Kendala yang dihadapi antara lain adalah keterbatasan sumber daya dan dukungan dari pihak luar. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Klampok 01 telah berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan dukungan sumber daya dan keterlibatan masyarakat dalam mendukung proyek ini agar dapat mencapai hasil yang lebih optimal.


Keywords


Implementation, Pancasila Learner Profile Strengthening Project, Elementary School, Character Education, Independent Curriculum.

Full Text:

PDF

References


Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.

Farida, N. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Dalam Buku Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Bahasa (Vol. 1, Nomor 1).

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22.

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–129.

Muliaty, A., Zein, P., Rosaria, R., Rosvelly, T., & Sarah, R. H. (2023). Analisis Minat belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri 104202 Bandar Setia , Kecamatan Percut Sei Tuan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 161–170.

Munawar, O. M., & Pd, M. I. (2021). Implementasi Pembelajaran Qur ’ an Hadist Melalui Media Google Sites Di Smk Muhammadiyah 2 Blora. 16.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mohkamad Dimas Prayitno, Suyitno Suyitno, Muhammad Arief Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.