PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS V MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Afif Fahmi Triatmaja, Filia Prima Artharina, Prasena Arisyanto

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Daleman yang terletak di kawasan pantura Semarang-Demak dimana kawasan pantura terkenal dengan lingkungan yang keras dan mayoritas orang tua siswa yang bekerja sebagai buruh pabrik dengan waktu kerja pagi hingga malam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode pembelajaran serta peran guru dalam membangun karakkter siswa kelas V melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menemukan hasil bahwa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila guru menggunakan metode ceramah, diskusim tanya jawabm dan simulasi yang digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa. Guru juga berperan sebagai manajer kelas, superviisor, ispirator, motivator, konselor, eksplorator, dan sebagai orang tua pengganti di sekolah dimana hal tersbeut untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif, memberikan dukungan, menginspirasi, memmotivasi, serta membantu memahami konsep abstrak serta memberikan perhatian empati kepada siswa. Saran yang dapat disampaikan, diharapkan guru dapat meningkatkan serta mengambangkan kompetensinya dalam menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan partisipatif, serta memperkuat perannya sebagai teladan dan motivator bagi siswa.

Keywords


Karakter, Metode Pembelajaran, Peran Guru

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Agustin, I. T., & Nafiah, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 4(2), 21–31. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1122

Akhmad sudrajad. (2003). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Pengertian Pendekatan,Strategi,Metode,Teknik,Taktik Dan Model Pembelajaran, 1, 2–3.

Andhiny, R. (2019). Penerapan Hukuman Untuk Penanaman Karakter Disiplin Siswa SD Negeri 1 Karangsari(Application of Punishment to Cultivate Disciplinary Character in Students at SD Negeri 1 Karangsari). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 19(8), 1840–1847.

Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 245–258. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361

Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Sadariya, S. (2022). Penerapan metode Pembelajaran Tanya Jawab Dengan Variasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Idiologi Pancasila Bagi Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Akademik FKIP Unidiyan, 19-29

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Charlaes, B. K. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Siswa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , 5(3), 235–240. www.publikasi.unitri.ac.id

Datunsolang, R., Sidik, F., & Erwinsyah, A. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 181-197




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Afif Fahmi Triatmaja, Filia Prima Artharina, Prasena Arisyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.