KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROSES MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V DI SDN KEMBANGLANGIT KABUPATEN BATANG

Eti Indrawati, Duwi Nuvitalia, Mira Azizah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pembelajaran berdiferensiasi proses melalui model Prolem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretets-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang yang berjumlah 13 siswa dengan rincian 9 laki-laki dan 4 perempuan. Berdasarkan perhitungan, maka diperoleh hasil pre test sebanyak 75% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan hasil post test sebanyak 90% siswa dengan rata-rata 88. Analisis uji t dengan taraf signifikan 0,05% dan df=13 menyatakan bahwa thitung sebesar 16,444 dan ttabel 2,179 karena thitung > ttabel yaitu 16,444 > 2,179 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi proses melalui model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN Kembanglangit Kabupaten Batang.

Keywords


Pembelajaran berdiferensiasi proses, model Problem Based Learning, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Al Badriyah, Laily Robi’ah Al Badriyah, et al. “Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Di SMAN 1 Kencong.” PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, vol. 1, no. 2, 2023, pp. 171–77, https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1173.

Fauzi, Achmad. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak.” Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, vol. 18, no. 2, 2022, pp. 18–22, https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480.

Fitri, Agus Zaenal; Nik Haryanti. Metode Penelitian Pendidikan. 2020.

Herwina, Wiwin. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 35, no. 2, 2021, pp. 175–82, https://doi.org/10.21009/pip.352.10.

Himmah, Fakinatul Izzun, and Nursiwi Nugraheni. “Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), vol. 4, no. 1, 2023, p. 31, https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045.

Minasari, Uci, and Rahmi Susanti. “Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi Berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 2, 2023, pp. 282–87, https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.543.

Mulyasa, H. E. Implementasi Kurikulum Merdeka. 2023.

Rambe, Malim Soleh, and Nevi Yarni. “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 291–96, https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486.

Salsabila, Azza; Pispitasari. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, vol. 2, 2020, pp. 278–88.

Triyono. Metodologi Penelitian Pendidikan. 2013.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v5i1.22359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eti Indrawati, Duwi Nuvitalia, Mira Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.