Pembelajaran Berdifirensiasi di Sekolah Dasar di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak

Muhammad Arief Budiman, Mira Azizah, Ari Widyaningrum

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu pendekatan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar yang melibatkan perhatian dan penghargaan terhadap perbedaan siswa dalam hal kemampuan, minat, dan kebutuhan belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan praktek pembelajaran berdifirensiasi yang telah dilaksanakan di beberapa sekolah dasar di kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek pembelajaran berdiferensiasi di beberapa sekolah dasar di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak telah dijalankan dengan baik dengan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa beberapa guru telah menerapkan berbagai jenis metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka, yaitu sesuai dengan kondisi sekolah, sesuai dengan karakter peserta didik, serta sesuai dengan materi pembelajaran. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa beberapa sekolah dasar di kecamatan Mranggen Kabupaten Demak telah berhasil menjalankan proses pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi berbagai perbedaan yang ada pada peserta didik sehingga para peserta didik yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda mampu mengikuti dan mampu berpartisipasi dalam proses pembelajaran dengan maksimal.

Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, sekolah dasar, kecamatan mranggen


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v14i1.18402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats