Habituasi Karakter Disiplin Positif (Dispos) Melalui Pembelajaran Profil Pancasila di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran profil pancasila memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan menumbuhkan disiplin positif pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat karakter disiplin positif melalui pembelajaran profil pancasila ditingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Pencarian melalui google scholar dengan mengumpulkan artikel-artikel dari penelitian terdahulu kemudian dianalisis. Terdapat 8 artikel yang relevan dalam 10 tahun terakhir mengenai karakter disiplin positif melalui pembelajaran profil pancasila. Berdasarkan hasil kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek profil pelajar pancasila, seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif, sangat mendukung perkembangan siswa. Aspek-aspek tersebut dapat di aplikasikan dalam media kontrol (mutaba’ah). Sehingga penerapan itu akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan membentuk karakter kedisiplinan anak. Kurangnya pengawasan dari orang tua dan lingkungan pergaulan siswa juga menjadi hambatan dalam penerapan kedisiplinan. Maka dari itu sekolah perlu bekerja sama dengan orang tua dalam pengawasan, dan guru harus memberikan teladan yang baik sehingga siswa dapat menirunya. Orang tua juga harus lebih memperhatikan lingkungan pergaulan anak-anak mereka di rumah. Melalui kerjasama ini, pembelajaran profil pancasila dapat diterapkan dengan lebih efektif dan menghasilkan siswa yang berkarakter baik dan disiplin.
Kata Kunci: karakter, disiplin positif, profil pelajar pancasilaDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v14i2.21570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com