PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN METAKOGNITIF MAHASISWA DENGAN GAYA BELAJAR YANG BERBEDA

Azizul Ghofar Candra Wicaksono

Abstract


Penelitian ini tergolong penelitian survei yang ditujukan untuk mengidentifikasi sebaran gaya belajar mahasiswa dan hubungannya dengan pencapaian kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif mahasiswa.penelitian ini menggunakan purposive sampling yang melibatkan 91 mahasiswa program studi pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang. Mahasiswa dikelompokkan berdasarkan tipe gaya belajarnya(visual, auditori dan kinestetik) dan diukur kesadaran metakognitif menggunakanMAI (metacognitive awareness inventory) beserta kemampuan kognitifnya dengan tes kognitif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menentukan rerata dan tingkat kesadaran metakognitif beserta kemampuan kognitif mahasiswa. Analisis dilajutkan dengan menggunakan ANOVA dan analisis korelasi untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan hubungan antara kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif pada gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada beda antara mahasiswa dengan gaya belajar visual,auditori dan kinestetik pada kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitifnya. Disamping itu, nilai korelasi antara kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif juga relatif kecil, sehingga kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif pada gaya belajar visual, auditori maupun kinestetik cenderung sama dan independen.

Kata kunci: gaya belajar VAK, kesadaran metakognitif, kemampuan kognitif


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v10i2.1516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed byPortal Garuda Indonesian Publication IndexGoogle Scholar

Pengunjung :

View My Stats

Copyright of Media Penelitian Pendidikan ISSN: 1978-936X (print), ISSN 2528-0562 (online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.