MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI PADA KELOMPOK B TK YGWS SEMARANG

Anita Chandra Dewi, Sri Aryanti

Abstract


Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak adalah perkembangan bahasa.
Bahasa memberikan sumbangan yang besar dalam perkembangan anak. Dengan
menggunakan bahasa, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa
yang dapat bergaul ditengah-tengah masyarakat.. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini dengan menggunakan metode
multisensori di Kelompok B TK YGWS Semarang. Metode yang digunakan adalah
menggunakan metode Penelitian tindakan kelas.Hasil Pembahasannya adalahbelajar
membaca dengan menggunakan metode multisensori untuk anak usia dini dapat
memperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan membaca yang dialami oleh anak. Fokus
diarahkan kepada setiap anak secara individual, melibatkan keterlibatan anak secara
langsung dan penuh dengan peragaan. Metode ini juga merangsang semua modalitas
yang dimiliki oleh anak (visual, auditori, kinestetik, taktil).

Kata kunci: Kemampuan Membaca Awal, Metode Multisensori


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.