PENINGKATAN HASIL BELAJAR KALKULUS I MELALUI UMPAN BALIK TES FORMATIF DENGAN PEMBELAJARAN REMEDIAL

Sunandar Sunandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian tes formatif yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus I, dan untuk mengetahui apakah dengan pemberian pengajaran remedial bagi mahasiswa yang belum tuntas belajarnya dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan dan dapat meningkatkan hasil belajar Kalkulus I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi matematika yang memprogramkan mata kuliah Kalkulus I pada kelas A sebanyak 37 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2005/2006. Disain penelitian tindakan kelas sebagai suatu spiral langkah-langkah yang terdiri dari empat taraf yaitu planning, acting, observing, dan reflecting. Keempat langkah tersebut merupakan satu siklus, kemudian dilanjutkan lagi dengan siklus kedua, ketiga, dan seterusnya sampai dianggap cukup untuk menjawab masalah yang ada. Data hasil tes formatif dianalis secara deskriptif, kemudian dilakukan pengelompokan antara mahasiswa yang sudah mencapai nilai 65 ke atas, dan mahasiswa yang belum mencapai nilai 65. Bagi mahasiswa yang nilainya di bawah 65 diwajibkan?é?á mengikuti pengajaran remedial. Di samping itu dari pengamatan dan wawancara dilakukan pengelompokan meliputi kesungguhan (antusias), perhatian, motivasi, tannggapan (respon), pengajuan pertanyaan, kritik, dan saran dalam perkuliahan Kalkulus I. Indikator keberhasilannya ditentukan oleh ketuntasan belajar secara individual adalah 65% dan ketuntasan belajar secara klasikal adalah 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) pemberian tes formatif secara teratur dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus I; (2) pemberian pengajaran remedial dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus I; (3) pengajaran remedial sangat efektif sebagai umpan balik tes formatif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kalkukus I; (4) dengan pemberian pengajaran remedial dapat mencapai ketuntasan belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus I. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disarankan hal-hal sebagai berikut: (1) dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, diharapkan para dosen melakukan tes formati setiap kurun waktu tertentu atau setiap akhir pokok bahasan/ sub pokok bahasan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pembelajaran yang telah terlaksana, dan sebagai umpan balik bagi dosen dan mahasiswa dalam memperbaiki proses belajar mengajar berikutnya; (2) dari hasil tes formatif dapat ditindaklanjuti sebagai umpan balik dengan melakukan pengajaran remedial.

?é?á

Kata-kata Kunci: tes formatif, pengajaran remedial, hasil belajar Kalkulus I


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v2i2.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.