MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN TEKNIK MENDONGENG UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 6 SEMARANG

Tamsih Tamsih

Abstract


Pengajaran bahasa Indonesia berfungsi sebagai media untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia serta peningkatan penguasaan bahasa Indonesia.?é?á Salah satu aspek keterampilan berbahasa adalah berbicara.?é?á Berbicara merupakan keterampilan kompleks yang memerlukan sejumlah kemampuan yang berbeda perkembangannya dan dipergunakan dengan tepat.?é?á Mendongeng merupakan salah satu keterampilan berbicara secara lisan dan bersifat produktif.?é?á Kegiatan mendongeng ini sendiri sudah pasti menggunakan gaya bercerita yang menarik, dan intonasi yang tepat.?é?á Guru yang mahir mendongeng akan disukai oleh anak didiknya, karena melalui cerita dapat pula terjalin ikatan dan hubungan yang akrab.?é?á Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan bimbingan belajar dengan menggunakan teknik mendongeng untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada peserta didik di kelas VII SMPN 6 Semarang.?é?á Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik mendongeng dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa dari 67 menjadi 81.

?é?á

Kata kunci: keterampilan berbicara, teknik mendongeng




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v3i2.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.