PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BERITA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS

iin purnamasari, Djariyo djariyo, riana martin

Abstract


Penelitian dengan judul ?óÔé¼?ôPengem

bangan Model Pembelajaran Berbasis Berita Pada Mata
Kuliah Konsep Dasar IPS?óÔé¼?Ø mempunyai tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran
berbasis berita pada mata kuliah Konsep Dasar IPS bagi mahasiswa PGSD dan mengetahui
kendala dalam pengembangan model pembelajaran berbasis berita pada mata kuliah Konsep
Dasar IPS. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode
Research and Development (R&D), yang menghasilkan produk berupa suplemen bahan ajar
tentang pembelajaran berbasis berita pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Fokus dari penelitian
ini adalah merancang dan menyusun suplemen sebagai salah satu pendukung bahan ajar dalam
mata kuliah Konsep Dasar IPS berbasis berita bagi mahasiswa PGSD. Simpulan yang dapat
diambil dari penelitian ini adalah metode pengembangan model pembelajaran berbasis berita
pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa
dalam mengemukakan pendapat, keinginan mahasiswa mengakses berita dan keseriusan
mengerjakan tugas, pemanfaatan media massa (surat kabar, televisi, rekaman berita dan internet)
sebagai media pembelajaran bisa dijadikan sebagai bahan ajar yang menyenangkan,
pengembangan model pembelajaran dengan menggunakan rekaman berita dan suplemen dapat
memberikan kontribusi dalam melengkapi perkuliahan.


Kata Kunci: model pembelajaran, berita, IPS


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v6i1.354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.