MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESCRIPTIVE TEXT DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROUNDTABLE PADA SISWA KELAS X SMA N 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Leila Nurul Amali, Fauziah Ratna Hapsari, Senowarsito Senowarsito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan siswa kelas X SMA Negeri 2 Semarang dalam menulis teks deskriptif menggunakan teknik Roundtable. Metode penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan. Instrumen pada penelitian ini meliputi lembar observasi dan lembar penilaian tes tertulis. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Lalu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase nilai hasil belajar pratindakan pada keterampilan menulis teks deskripsi masih rendah. Setelah diterapkannya teknik Roundtable di siklus I, terjadi peningkatan pada persentase hasil belajar siswa dalam menulis teks deskripsi tapi masih dalam kategori cukup. Kemudian, peneliti menerapkan teknik Roundtable di siklus II dengan menambah variasi pembelajaran dan terjadi kenaikan persentase hasil belajar siswa yang cukup tinggi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil persentase pratindakan 22% dan pada siklus I menjadi 50% sedangkan pada siklus II menjadi 92%. Dengan demikian, penggunaan teknik Roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks deskripsi pada siswa kelas X MIPA 1 SMA N 2 Semarang.

Keywords


Teknik Roundtable, Menulis, Teks deskriptif

Full Text:

PDF

References


Jacobs, G. M., Power, M. A., & Loh, W. I. 2002. The Teacher's Sourcebook for Cooperative Learning: Practical Techniques, Basic Principles, and Frequently Asked Questions. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Kagan, S., & Kagan, M. 2009. Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

McCafferty, S. G., Jacobs, G. M., & Dasilva Iddings, A. C. 2006. Cooperative Learning and Second Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Richard, Jack C and Renandya, Willy A. 2010. Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Sinaga, Megawati. 2017. “The Effect of Roundtable and Clustering Teaching Techniques and Students’ Personal Traits on Students’ Achievement in Descriptive Writing”. Advances in Language and Literary Studies. Vol 8 (6). Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1165039 (on July 2nd, 2018).

Urunami, Silvia et al. 2017. “The Using Group Grid and Roundtable for Teaching Writing of Descriptive Text”. ELT Forum: Journal of English Language Teaching. Vol 6 (2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt/article/view/20699 (on July 2nd, 2018).




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v12i1.3822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.