MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPTIF TEKS MENGGUNAKAN FOUR SQUARE WRITING METHOD (FSWM), KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Zuyina Masunah, Erna Setyawati, Maria Yosephine

Abstract


Banyak siswa kurang dalam menulis yang salah satunya disebabkan oleh kebingungan dalam menuangkan ide yang dimiliki. Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan sebagai penggunaan Metode Four Square Writing (FSW) untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks di kelas X MIPA 6, SMA N 11 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan respon siswa terhadap pelajaran dan mendeskripsikan hasil penerapan Metode FSW. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali mencakup tes pra-siklus, tes siklus 1, dan tes siklus 2. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks setelah diberi perlakuan, dan observasi digunakan untuk memonitor kegiatan siswa selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara qualitatif dan quantitatif. Tes Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode FSW berpengaruh pada respon siswa menjadi lebih aktif dan antusias dilihat dari persentase pengamatan di pra-siklus 40%, siklus 1 71,43%, dan siklus 2 85,71%. Peningkatan respon siswa dalam proses pembelajaran menjadikan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks pun meningkat. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil tes pra-siklus yang belum memenuhi KKM dengan persentase 11,11%. Dalam setiap siklus terjadi peningkatan yang cukup signifikan dimana hasil dari tes siklus 1 menjadi 63,89% dan tes siklus 2 menjadi 91,67%. Berdasarkan data yang diperoleh, disimpulkan bahwa Metode Four Square Writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA 6, SMA N 11 Semarang dalam menulis deskriptif teks.

Keywords


menulis, teks deskriptif, metode four square writing (FSW).

Full Text:

PDF

References


Agustiana, Vina. 2017. “Four Square Writing Method Applied in Product and Process Based Approaches Combination to Teaching Writing Discussion Text”. English Review: Journal of English Education, 6(1), 89-98. DOI: 10.25134/erjee.v6il.774.

Belajar Praktis Bahasa Inggris SMA/MA Kelas X Semester 1

Bartholomae, M., Sekyra, S., & Sibigtroth, K. (2011). Bringing 4-Square writing to life. Retrieved from http://fliphtml5.com/tezl/wcnq

Blanchard, Karen; Root, Christine. 2004. Ready to Write More: From Paragraph to Essay. New York: Longman.

Burns, Anne. 2010. Doing Action Research in English Language Teaching. New York. Routledge.

Gould, Judith S., Gould Evan J., & Burke, Mare F. (2010). Four square writing method for grades 7-9. USA: Teaching & Learning Company. Retrivied from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_inggris/article/download/7925/5770

Mahfudzoh. Ita. 2016. Improving Students’ Writing Skill on Descriptive Text Using Four Square Writing Method. Perpustakaan.uns.ac.id.

Meyers, Alan. 2005. Gateways to Academic Writing: Effective Sentences, Paragraphs, and Essays.

Nugroho, Arifin W.S., Susilohadi, Gunarso., Pudjobroto, A. Handoko. 2012. The Use of Four Square Writing Method to Improve Students’ Writing Skill. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Oshima, Alice., Addison, Hogue. 2007.

O’Malley, J. Michael and Lorraine Valdez Pierce, Authentic Assessment for English Language Learners, London: Longman, 1996.

Pelton, Robert P. 2010. Action Research for Teacher Candidates. United States of America: Rowman & Littlefield Education.

Rofi’ah, Anisatur., Ma’rifah, Ulfatul. (2017). “The Effect of four square writing method (FSWM) through picture series in writing narrative text for eleventh grade at SMA Nusantara Balongpanggang”. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics. 1(2).

Tomal, Daniel R. 2003. Action Research for Educators. United States of America: Scarecrow Press, Inc.

http://www.teachingenglish.org.uk/article/observation-checklist




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v12i1.3824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.