PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI PETERONGAN KOTA SEMARANG

Tri Setyo Meiyanto, Suwarsih Suwarsih

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IIIB SDN Peterongan Semarang pada muatan pelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah. 1) Bagaimana keterampilan mengajar guru dengan menggunakan model picture and picture pada materi perkalian? 2) Bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran perkalian dengan model picture and picture? 3) Apakah model Picture and Picture mampu meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model Picture and Picture pada siswa kelas IIIB SDN Peterongan, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta keterampilan mengajar guru. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes evaluasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis keterampilan mengajar guru pada siklus I diperoleh 82,81% dan pada siklus II diperoleh 90,63%. Untuk hasil analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa persentase secara klasikal pada siklus I diperoleh 65,63% dan pada siklus II diperoleh 84,38%. Sedangkan hasil analisis ketuntasan tes evaluasi hasil belajar klasikal siswa pada pra siklus 46,88%, pada siklus I diperoleh persentase 68,75%, dan pada siklus II diperoleh persentase 87,50%. Dari hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka dapat disimpilkan bahwa model Picture and Picture berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah model Picture and Picture dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar dan dikembangkan pada materi atau mata pelajaran lain.

Keywords


Model Picture and Picture, Hasil Belajar, aktivitas siswa, keterampilan mengajar guru.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman, 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Muhsetyo, Gatot. 2017. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v12i1.3826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.