ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Dawi Asil Irbah, Widya Kusumaningsih, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kayen. Teknik analisis datanya terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa bergaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah dengan fasih, lancar dan dapat memberikan beragam jawaban yang benar. Selain itu siswa bergaya belajar visual mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai cara serta mampu mengembangkan jawaban dengan pemikiran sendiri. (2) siswa bergaya belajar auditorial dan kinestetik mampu menyelesaikan masalah dengan fasih dan cara yang berbeda atau menyelesaikan masalah dengan fasih dan mampu mengembangkan cara dengan pemikirannya sendiri.


Keywords


Analisis, Berpikir Kreatif, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Bire, A. L., Uda, G., dan Josua, B. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2): 168-174.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano, 3(2): 1-9.

Mursidik, E. M., Nur, S., & Hendra, E. R. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1): 23-33.

Ramlah., Dani, F., & Hamzah, Z. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3): 68-75.

Rose, C. & Nicholl, M.J. (2002). Accelerated Learning for The 21st Century (alih bahasa oleh Dedi Ahimsa). Bandung: Nuansa.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of students creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7): 548-553.

Supardi, U. S. (2012). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3): 248-262.

Sutrisno, Mardiyana, & Budi, U. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dengan Pendekatan SAVI Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 661-672.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed byPortal Garuda Indonesian Publication IndexGoogle Scholar

Pengunjung :

View My Stats

Copyright of Media Penelitian Pendidikan ISSN: 1978-936X (print), ISSN 2528-0562 (online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.