MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DESCRIPTIVE TEXT MENGGUNAKAN TEKNIK INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA KELAS X MIPA 8 SMA N 6 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Tyar Harisna, Suharno Suharno, Suwandi Suwandi

Abstract


Di SMA N 6 Semarang siswa kelas X merasa kesulitan dalam menulis deskriptif teks. Hal ini disebabkan karena sedikitnya kosakata yang mereka miliki, serta kurangnya penguasaan tata bahasa atau grammar. Tujuan dari penenelitian ini adalah untuk mengetahui apakah benar atau tidak bahwa teknik Insode Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan menulis descriptive text untuk kelas 10 MIPA 8 SMA N 6 Semarang yang terdiri dari 36 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Metode analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif data dan kualitatif data. Data kualitatif diambil dengan melihat hasil dari observasi proses belajar mengajar dengan penerapan tindakan dan catatan hasil pembelajaran. Sementara itu, data kuantitaf diambil dari nilai hasil pre test dan post test siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan siswa dalam kemampuan menulis deskriptif teks. Hal ini ditunjukkan bahwa banyak siswa yang memperoleh hasil yang bagus diakhir siklus. Untuk nilai minimal dalam Bahasa Inggris adalah 75. Peneliti menganalisis hasil tulisan siswa terkait isi teks, keruntutan ide, kosa kata, struktur penulisan dan tata cara penulisan. Dengan skor nilai rata-rata dalam siklus ke-1 adalah 70.27 dan rata-rata siklus ke-2 adalah 76.94. Berdasarkan nilai rata-rata dari siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa siklus 2 lebih tinggi dari siklus 1. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pada kemampuan menulis siswa kelas X MIPA 8 SMA N Semarang setelah diajarkan dengan menggunakan teknik Inside Outside Circle. Hal ini menunjukkan teknik Inside Outside Circle dapat meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa.

Keywords


Inside Outside Circle, Kemampuan menulis, Descriptif teks

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutmainah. 2017. The Use of Inside Outside Circle Technique to Improve Students’s Writing on Recount Text. Banten.

Sulaiman. 2018. Improving Stadents Writing by Using Inside Outside Circle at IKIP PGRI. Pontianak. Research and Innovation in Language Learning, 1(1), 17-28.

Yulianti Natsir, Ratu (2015). The effectiveness of Braint Sketching Technique in Writing Descriptive Text. Muhammadiyah University. Makasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed byPortal Garuda Indonesian Publication IndexGoogle Scholar

Pengunjung :

View My Stats

Copyright of Media Penelitian Pendidikan ISSN: 1978-936X (print), ISSN 2528-0562 (online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.