MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM MENGAJAR TEXT DESKRIPTIVE MELALUI THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK KELAS X SEMESTER I DI SMA N 5 SEMARANG

Rusi Alasiyani, Henny Mastuti, AB Prabowo KA

Abstract


Berbicara adalah salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai dalam mempelajari bahasa Berdasarkan sebuah artikel penelitian yang ditulis oleh Sulung, Sutapa & Zainal (2013) masalah siswa dalam berbicara adalah partisipasi yang terbatas dalam berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan dalam teknik Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik Think Pair Share dalam Teks Deskriptif untuk siswa kelas X semester 1 di SMA N 5 Semarang, meningkatkan siswa dan untuk membuktikan teknik Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Teks Deskriptif untuk siswa, kelas X semester 1 di SMA N 5 Semarang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Ada dua siklus dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negri 5 Semarang kelas X IPA 3 yang terdiri dari 32 siswa yang terdiri dari 21 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan perekam video. Observasi dan tes akan digunakan sebagai metode untuk mengumpulkan data penelitian. Data Kualitatif dan Kuantitatif akan menjadi jenis data yang digunakan. Setelah bertanya kepada siswa satu per satu, semua siswa menjelaskan tentang Lawang Sewu. Kegiatan belajar mengajar berpusat pada guru. Berdasarkan hasil, diperoleh kesimpulan terdapat peningkatan kemampuan berbicara bahasa inggris dari siklus satu ke siklus dua.


Keywords


berbicara, deskriptif, dan Think Pair Share (TPS)

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education, Inc

Fadhilah Zamzam. 2015. Developing Speaking Skill of Grade XI Students at SMAN 5 Palu through Two Stay Two Stray Technique. Retrieved from http://download.portalgaruda.orgarticle.phparticle=393982&val=736&title=DEVELOPING%20SPEAKING%20SKILL%20OF%20GRADE%20XI%20STUDENTS%20AT%20SMAN%205%20PALU%20THROUGH%20TWO%20STAY%20TWO%20STRAY%20TECHNIQUE

Hidayah, Bariqotul. 2013. Improving Students’ Speaking Ability through Think Pair Share (TPS)Technique of the Seventh Grade at MTs al-Hidayah Betoyokauman Gresik.

Putri, Atika Rusmawati 2015. Improving Students’ Speaking Skill Using Think-Pair Share (TPS) Technique.

Sanjani, Erlinna Dewi 2015. Improving Students’ Speaking Ability Using Think-Pairshare Of Cooperative Learning For The 8th Grade Students Of MTs N Karangmojo In The Academic Year of 2014/2015.

Solcova, Bc. Petra. 2012. Teaching Speaking Skill. USA. Masarky University Journals: Susi Sulung, Y. Gatot Sutapa Y., Zainal Arifin. 2013. “Encouraging Students to Speak through Think Pair Share (TPS) Technique. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpbarticleview1844215566.

Sri Endang Kusmaryati.2009. Improving English Speaking Ability through Classroom Discussion for Students of MU Banat kudus in The Academic Year 2008/2009. Retrieved from http://eprints.umk.ac.id/1451IMPROVING_ENGLISH_SPEAKING_ABILITY.pdf.

Sutrisno, Mardiyana, dan Usodo, B. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dengan Pendekatan SAVI terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7).

Oktaviani Neni. 2013. Improving The Students’ Speaking Skills Through Think Pair and Share Technique of Cooperative Learning Of Grade XI Ipa Students Of Sma Islam 1 Gamping In The Academic Year Of 2013/2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal has been indexed byPortal Garuda Indonesian Publication IndexGoogle Scholar

Pengunjung :

View My Stats

Copyright of Media Penelitian Pendidikan ISSN: 1978-936X (print), ISSN 2528-0562 (online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.