PERKEMBANGAN AGAMA ANAK USIA DINI (USIA 0-6 TAHUN) BESERTA STIMULASINYA

Ani Oktarina, Eva Latipah

Abstract


Abstract

The best time for PAUD teachers to lay the foundation for religious education. Although the role of parents is very important in building religious values for their children, early childhood teachers play an important role in equipping students with a religious foundation. Therefore, PAUD teachers and parents must always work hard in various ways to be able to guide children to grow on the basis of a good personality, which is based on religious values. This research uses literature study, namely data collection or scientific work for research purposes or data collection in the form of literature. The results showed that basic knowledge of religious education could be given to children according to their age. Therefore, parents and educators must be creative in equipping children with religious values in order to stimulate children's interest correctly and correctly. Children can learn religious values in a variety of ways, including play methods, field trips, demonstrations, storytelling, and uswah hasanah. By providing basic religious education for children aged 0-6 years, children can learn to know religion and know their God, know good and bad behavior, short prayers, and other religious values.

Keywords: Development, Religion, Stimulation

 

Abstrak

Waktu terbaik bagi guru PAUD untuk meletakkan dasar pendidikan agama. Meskipun peran orang tua sangat penting dalam membangun nilai-nilai agama bagi anaknya, namun guru PAUD berperan penting dalam membekali siswa dengan landasan keagamaan. Oleh karena itu, guru PAUD dan orang tua harus selalu bekerja keras dengan berbagai cara untuk dapat membimbing anak tumbuh di atas dasar kepribadian yang baik, yang berlandaskan nilai-nilai agama. Penelitian ini menggunakan studi pustaka yaitu pengumpulan data atau karya ilmiah untuk keperluan penelitian atau pengumpulan data dalam bentuk kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dasar pendidikan agama dapat diberikan kepada anak sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, orang tua dan pendidik harus kreatif dalam membekali anak dengan nilai-nilai agama agar dapat menstimulasi minat anak secara benar dan benar. Anak-anak dapat mempelajari nilai-nilai agama dengan berbagai cara, termasuk metode bermain, karyawisata, demonstrasi, mendongeng, dan uswah hasanah. Dengan memberikan pendidikan dasar agama bagi anak usia 0-6 tahun, anak dapat belajar mengenal agama dan mengenal Tuhannya, mengetahui tingkah laku baik dan buruk, shalat sholat pendek, dan nilai-nilai agama lainnya.

Kata kunci: Perkembangan, Agama, Stimulasi



Keywords


Development, Religion, Stimulation

Full Text:

PDF (bahasa)

References


Abdurrahman. (2018). Upaya meningkatkan Perkembangan nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan Pada Anak Usia Dini. 14(2), 101–107.

Ahmad Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Aisyah, Siti, D. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. doi: 10.31004/obsesi.v1i1.28

Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–148.

Ani Oktarina, M. A. S. (2020). Pendidikan Seks Usia Dini Dalam kajian Hadis. Jurnal Riwayah : IAIIN Kudus, 6(2), 6. doi: http://dx.doi.org/10.21043/riwayah.v6i2.7615.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Elizabeth B. Hurlock. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Essa, E. L. (2011). Introduction to Early Childhood Education. Canada: Wadsworth Cengage Learning.

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 8–17.

Henry Hazlitt. (2003). Dasar-dasar Moralitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hidayat, O., S. (2008). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hidayat, O. S. (2000). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kurnia, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral di TK. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.

Latipah, E., Adi Kistoro, H. C., Hasanah, F. F., & Putranta, H. (2020). Elaborating motive and psychological impact of sharenting in millennial parents. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4807–4817. doi: 10.13189/ujer.2020.081052

Latipah, E., Kistoro, H. C. A., & Putranta, H. (2020). The Effects of Positive Parenting toward Intolerance in Pre-School Children. International Journal of Early Childhood Special Education, 12(2), 137–146. doi: 10.9756/int-jecse/v12i2.201065

Lickona, T. (1992). Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Mansur. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam Cet II. Yogyakarta: Pustaka Palajar.

Masganti, S. (2014). Psikologi Agama. Medan: Perdana Puplishing.

Matondang, E. S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pemanfaatan Multimedia Interaktif. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Nomor137 Tahun 2014, Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembang Anak,.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Oktarina, A., Angraini, W., & Susilawati, B. (2020). Penggunaan Media Kolase Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. 3(2), 186–198. doi: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7408

Oktarina, A., & Maemonah. (2019). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Pendidikan Aud. Jurnal UIN Jogyakarta, VI(2), 64–88. Diambil dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7277

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Puskur. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Yuliani Nurani Sujiono. (2010). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT.Indeks.

Yus, A. (2014). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Zelvi, A. (2017). Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kampung Gambiran Pandeyan Umbulharjo. Pendidikan Anak Usia Dini, 20–33.




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.7983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand