Efektivitas Permainan Stimulasi Visual-Taktil Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri
Abstract
Abstract
Mathematics education in young children is the foundation of academic success in mathematics to a higher level. This study uses tactile visual stimulation to introduce math content at Kindergarten level which is the key to success in learning. Investigates the effectiveness of tactile visual stimulation games to convey geometric shapes to young children. Participants in the study were 18 students in the experimental group and a control group of 18 students from Taruna Bhakti Jenu Tuban and the Sekar Tanjung Jenu Tuban play group.
Keywords: Visuals - Tactiles, Geometry Shapes, and early childhood
Abstrak
Pendidikan matematika pada anak kecil adalah fondasi keberhasilan akademis dalam bidang matematika ke tingkat lebih tinggi. Studi ini menggunakan stimulasi visual taktil untuk memperkenalkan konten matematika di tingkat Taman Kanak-kanak yang menjadi kunci sukses dalam pembelajaran. Menyelidiki keefektivifan permainan stimulasi visual taktil untuk memberitahukan bentuk geometri pada anak kecil. Partisipan dalam studi adalah peserta didik kelompok eksperimen 18 peserta didik dan kelompok kontrol yang berjumlah 18 peserta didik yang berasal dari Taruna Bhakti Jenu Tuban dan kelompok Bermain Sekar Tanjung Jenu Tuban
Kata kunci: visual-Taktil, Bentuk Geometri, dan anak usia dini
Keywords
Full Text:
PDF (bahasa)References
Aini. A. N., Jayanti, D. D., & Luthfillah, M. 2020. Pengaruh Penggunaan Meia Menara Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna dan Bentuk Geometri Anak Usia dini. sawabiq: Jurnal Keislaman, 1(01)
Efendi, D. I. (2020). PENERAPAN KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KEOMPOK B RA ISLAMIYAH. GCEJ (Golden Childhood Education Journal), 1(1), 23–29.
Efriani, A., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Aisyah, N. (2020). A learning process for early childhood: a case of geometry and numbers. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1), 12021.
Ekayati, I. A. S., imam Efendi, D., & Sumadi, S. (2020). PENGEMBANGAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA PAUD. Prosiding SNasPPM, 5(1), 79–83.
EKAYATI, I. F. A. A. S., & FITRIANI, D. (n.d.). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS DALAM ANALISIS BERAGAM RASA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM.
Istiqomah, N. (2020). UJI KELAYAKAN AHLI MATERI PADA PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DIKONSEP GEOMETRI ANAK USIA DINI. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 19–28.
Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Maier, A., & Benz, C. (2020). Conception of Geometric Shapes. In mathematics Education in the Early Years: Results from the POEM4 Conference, 2018 (p.229). Springer Nature
Maier, A., & Benz, C. (2020)."A Triangle is Like a Tent": Children's Conception of Geomtery Shapes. In Mathematics Education In The Early Years (pp. 229-248). Springer, Cham
Ningrum, M. A., & Chusna, L.A. . (2020). Inovasi Dakon Geometri Dalam Menstimulasi kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Kwangsan, 8(1), 332448
Nurjanah, J. (2019). Visual Sebagai Stimulasi dalam Mengembangkan Kreativitas Generasi Z. Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1, 285–290.
Nurjani, Y. Y., & Jubaedah, E. (2020). PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL SONDAH BAGI ANAK USIA DINI. Journal of SPORT, 4(1), 22–29.
Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani. K. (2020). Pengaruh Pemainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan ANak Usia Dini, 4(1), 57-63
Wahyudi, A. I. H, A., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak usia dini. Paud Lecture: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8-16
Yusuf, A., & Jahrir, A. S. (2020). Pengaruh Latihan Bicep curl dan Preacher curl Terhadap Kemampuan Tangkapan Satu Kaki Olahraga Gulat Mahasiswa STKIP YPUP Makassar. Jendela Olahraga, 5(1), 10–20.
DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.8408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)
Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Mila Karmila
+62 896-8538-4514
View Jurnal PAUDIA Stats