Pengembangan Video Pembelajaran untuk Mengenalkan Kosakata Etika untuk Anak Usia Dini

Waffa Nuraini Isnain, Perdana Afif Lutfhy, Muniroh Munawar

Abstract


Abstract

It requires a long process to introduce character education, because it is difficult to change a person's character. Self-habituation can start from applying the words sorry, please, thank you and permission in everyday life. The aim of this research is to improve video-based learning media to introduce ethics to young children as an innovative, effective learning tool and help children understand ethical concepts in a more fun and interesting way. This research applies research and development research and development methods and uses ADDIE. The subjects of this research were 13 people, 1 material and media expert, 2 kindergarten teachers as respondents and 10 early childhood children who were the test objects. The data collected was in the form of research instrument sheets using qualitative descriptive techniques. Then processed using quantitative descriptive techniques. From the media and material expert trials, the results were 100%, which means very good, the respondents' trials got 98% results, which was categorized as very good, and the results of the observation trials on children got 97%, which means very good. It can be stated that video-based learning media with the theme of introducing ethics for young children is suitable for use as an introduction to the words sorry, please, thank you and permission in learning. The research results also show that the use of songs in learning videos can increase children's understanding of ethical vocabulary. By combining musical and visual elements in media, children can easily remember the ethical concepts taught. These findings not only provide insight into the development of learning media that are more effective in conveying moral values to children, but also underline the importance of a creative approach in designing learning content to be more appropriate and to attract the target audience of children.
Keywords: Early Childhood; Video-Based Learning Media; Character building

Abstrak

Membutuhkan proses yang lama untuk mengenalkan pendidikan karakter, karena sulit untuk merubah karakter seseorang. Pembiasaan diri dapat dimulai dari penerapan kata maaf, tolong, terima kasih, dan permisi dalam keseharian. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan media pembelajaran berbasis video untuk mengenalkan kosakata etika pada anak usia dini untuk, sebagai alat pembelajaran yang inovatif, efektif serta membantu anak memahami konsep etika secara lebih menyenangkan dan menarik. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (research dan development) dan mempergunakan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 13 orang, 1 ahli materi dan media, 2 guru TK sebagai responden dan 10 orang anak usia dini yang menjadi objek uji coba. Data yang dikumpulkan berupa lembar instrumen penelitian yang menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Kemudian diolah menggunakan teknik deskripstif kuantitatif. Dari uji coba ahli media dan materi memperoleh hasil 100% yang artinya sangat baik, uji coba responden mendapatkan hasil 98% yang berkategori sangat baik, dan hasil uji coba observasi pada anak mendapat hasil 97% yang artinya sangat baik. Dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis video dengan tema mengenalkan kosakata etika untuk anak usia dini layak digunakan sebagai pengenalan kata maaf, tolong, terima kasih, dan permisi pada pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan lagu dalam video pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap kosa kata etika. Dengan memadukan unsur musikal dan visual dalam media, anak-anak dapat dengan mudah mengingat konsep etika yang diajarkan. Temuan ini tidak hanya memberikan insight pada pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dalam menyampaikan nilai-nilai moral kepada anak-anak, tetapi juga menggaris bawahi pentingnya pendekatan kreatif dalam merancang konten pembelajaran agar lebih sesuai dan menarik bagi target audiens anak-anak.

Kata kunci: Anak Usia Dini; Media Pembelajaran Berbasis Video; Pendidikan Karakter


Keywords


Anak Usia Dini; Media Pembelajaran Berbasis Video; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, J. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech

Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran matematika materi bangun datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778

Alifah, L. N. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf, Terimakasih Untuk Pembentukan Karakter Pada Anak 5-6 Tahun Di TK Islam Dzakra Lebah Madu. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 390-403.

Andi Ibrahim, A. H. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadama Ilmu.

Anisah, A. S. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 137-143. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.46054

Annisa, F. & [Nama Penulis Lengkap Kedua]. (2023). Pengembangan Media Animasi Minnie terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3777-3790. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26272

Bahri, S. (2019). Urgensi Strategi Pembelajaran Karaktek Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 75-86.

Bayu Purnama Galuh, D. E., & Riana, R. (2023). Pengaruh video pembelajaran berbasis animasi terhadap minat belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Mutiara, 7(2), 38-41. https://doi.org/10.1234/jpm.2023.7.2.38-41

Cindy, & A. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100-109. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692

Dewi, K. (2014). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

E.Winaryati, M. M. (2021). RD&D Literature Review for Development of a Digital Platform for the Learning Supervision Evaluation Model (MESp). Jurnal Pendidikan Sains 181-192.

Endah, S. (2017). Warisan Untuk Anakku. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Fitriyah. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini melalui Metode Keteladanan di TK Al-Muhsin. Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(7).

Ginanjar, M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Pendidikan 02, 230-242. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i03.4570

Havizul. (2019). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran IPS di sekolah dasar menggunakan model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283-296. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202

Hidayat, D. H. (2019). Nilai-nilai budaya soméah pada perilaku komunikasi masyarakat Suku Sunda. Jurnal Kajian Komunikasi, 7, 84-96.

Marwany, M. K. (2023). Nilai Kepemimpinan Bagi Anak Usia Dini Dalam Buku Umar Bin Khattab Jagoanku. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1-12.

Mentari, T. R. (2018). Penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah rias wajah karakter foto/TV/film program studi pendidikan tata rias dan kecantikan jurusan tata rias dan kecantikan FPP UNP. UNES Journal of Education Sciences, 194-199.

Mutaqin, M. A. (2020). Implementasi kata terimakasih, tolong, dan maaf sebagai pembelajaran peserta didik untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan jati diri bangsa. https://doi.org/10.31219/osf.io/gp3an

Nuraly Masum Aprily, A. K. (2023). MAAF, TERIMA KASIH, TOLONG DAN PERMISI: EMPAT KATA. aṣ-ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 124-132.

Nurbiana Dhieni, I. Y. (2020). Panduan Penergian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Parancika Bily, S. E. (2020). Analisis kesantunan bahasa mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika dalam berinteraksi dengan dosen melalui pesan singkat WhatsApp. Journal of Educational Indonesia, 1(1), 2-6. https://doi.org/10.36269/jeil.v1i01.293

Surachman, D. (2020). Media buku cerita: Efektivitasnya untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Gema Wiralodra, 11(2), 180-189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99

Zalmi, R. Y., d. M. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Anak Pada Buku Cerita Bergambar di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 5(2), 482-492. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3957




DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Waffa Nuraini Isnain, Perdana Afif Lutfhy, Muniroh Munawar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of PAUDIA:  Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431 (Print), ISSN 2598-4047 (Online)

Pendidikan Guru PAUD
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Mila Karmila

+62 896-8538-4514

View Jurnal PAUDIA Stats

Situs Togel

slot thailand