BAHASA FIGURATIF DAN SARANA RETORIKA DALAM PUISI “LIBURAN SEKOLAH” KARYA JOKO PINURBO SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN PUISI DI SMK

Ivan Mahendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa figuratif dan sarana retorika yang terdapat dalam puisi berjudul “Liburan Sekolah” karya Joko Pinurbo serta relevansinya pada pembelajaran puisi di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni studi kepustakaan model deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yakni puisi berjudul “Liburan Sekolah” karya Joko Pinurbo yang terdapat dalam buku kumpulan puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni teknik simak dan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diidentifikasi penggunaan bahasa figuratif dan sarana retorika. Bahasa figuratif yang digunakan berupa personifikasi, simile, metafora, dan simbol sedangkansarana retorika berupa ironi, paradoks, dan hiperbola. Bahasa figuratif dan sarana retorika tersebut relevan dengan pembelajaran puisi di SMK. Kerelevansian ditunjukkan melalui kompetensi dasar pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan materi puisi kelas X SMK. Kerelevansian berikutnya ditunjukkan melalui penerapankata kerja operasional pada indikator pencapaian kompetensi yang dijabarkan melalui rancangan pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i1.10641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang