PENERAPAN MODEL DIGITAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI UNSUR KEBAHASAAN TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Putri Hagana Br Sembiring

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Digital Learning dalam pembelajaran memahami unsur-unsur kebahasaan pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran memahami unsur-unsur kebahasaan teks biografi menggunakan model Digital Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran teks biografi pada peserta didik kelas X MAN 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Kemampuan peserta didik dalam menjawab soal teks biografi memperoleh kategori baik. Peserta didik dapat menjawab soal dengan baik dilihat dari nilai rata-rata peserta didik, yaitu 87 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 75 sesuai dengan yang ditetapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X MAN 2 Kota Semarang.

Full Text:

PDF

References


Chasanah, Nurul Nindi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis WEB dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Pada

Peserta Didik kelas X SMK Negeri 3 Kendal Tahun Pelajaran

/2018. "Skripsi". Universitas PGRI Semarang.

Fahrudin, Riska. (2018). Analisis Kesalahan Tataran Sintaksis pada

Teks Biografi Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. "Skripsi". Universitas PGRI Semarang.

Murgiyananda, Ramadhani. (2017). Keefektifan Media Youtube

dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 13 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. "Skripsi".

Universitas PGRI Semarang

Prasetiyono, Ardiyan. (2017). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X TKJ 1

SMK Bina Utama Kendal Tahun Ajaran 2016/2017. "Skripsi". Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i1.10645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang