PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA TEKS AUTOBIOGRAFI KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMK TLOGOSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 merupakan pembelajaran berbasis teks. Peserta didik dituntut untuk bisa menulis teks. Adapun tujuan yang dicapai adalah untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi pada teks autobiografi karangan peserta didik kelas X SMK Tlogosari Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan jumlah peserta didik kelas X sebanyak 180. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sample random sampling dengan penentuan sampelnya 25% dari jumlah populasi yaitu sabanyak 45 teks autobiografi. Metode dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data ini menggunakan metode agih yang diwujudkan dengan dua tahap, yaitu teknik dasar atau BUL dan teknik lanjutan yaitu teknik ganti dan teknik sisip. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan konjungsi paling banyak ditemukan pada konjungsi subordinatif, penggunaan konjungsi yang cukup banyak ditemukan pada konjungsi koordinatif, penggunaan konjungsi yang paling jarang ditemukan adalah konjungsi antarkalimat, dan konjungsi yang tidak ditemukan adalah konjungsi korelatif. Berdasarkan perhitungan persentase maka penggunaan konjungsi benar sebanyak 84,88% terdiri dari konjungsi subordinatif sebanyak 51,48%, konjungsi koordinatif sebanyak 40,60%, dan konjungsi antarkalimat sebanyak 7,92% serta kesalahan penggunaan konjungsi sebanyak 15,12%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i2.11007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang