Bentuk Kesalahan Ejaan pada Poster Kampanye Pemilihan Kepala Daerah 2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan pada posterkampanye pemilihan kepala daerah 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif kuantitatif. Sumber data yang digunakan diambil dari web atau akun Instagram Komisi Pemilihan Umum yang mengunggah poster kampanye. Data yang digunakan yakni poster kampanye pemilihan kepala daerah 2020 yang terdapat kesalahan ejaan. Teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu dokumentasi dan metode simak.Berdasarkan pembahasan terhadap data penelitian berikut adalah rekapitulasi kesalahan yang ditemukan pada poster kampanye pemilihan kepala daerah 2020. Pertama, kesalahan penggunaan huruf kapital yang terjadi pada penulisan kata tugas, penyebutan nama daerah atau wilayah, dan inkonsistensi penulisan huruf. Kedua, kesalahan penerapan huruf miring yang digunakan untuk menuliskan istilah asing di luar bahasa utama yang digunakan. Kesalahan yang ketiga yaitu kesalahan penulisan kata yang terjadi pada penulisan kata berimbuhan, penulisan gabungan kata, penulisan kata baku, dan penulisan kata yang disebabkan oleh salah tik. Keempat, kesalahan penulisan unsur serapan bahasa asing yang sudah melalui proses penyesuaian ke dalam bahasa Indonesia. Kelima, kesalahan penulisan tanda baca yangterjadi pada penggunaan tanda baca titik dan tanda baca koma.
Keywords
spelling mistakes; Indonesian spelling; campaign posters; regional head campaigns
Full Text:
PDFReferences
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Mahsun. 2006. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan
Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata
Sharma University Press.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang