Penerapan Model Experiential Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Melalui Aplikasi Microsoft Teams pada Peserta Didik Kelas X SMA N 2 Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Fara Dianti Ayu Wardani, Eva Ardiana Indrariani, Azzah Nayla

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskrispikan penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi melalui Microsoft Teams pada peserta didik kelas X SMA N 2 Pati tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi melalui Microsoft Teams pada peserta didik kelas X SMA N 2 Pati tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu penerapan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi melalui Microsoft Teams dilaksanakan menggunakan empat tahap yaitu tahap pengalaman nyata, tahap observasi refleksi, tahap konseptual, dan tahap implementasi. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA N 2 Pati yaitu 87.

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Muhammad. 2017. Model Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Nahar, Nurma Isni Sofiriyatin. “Penerapan Model Experiential Learning dalam

Pembelajaran Menulis Resensi pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 15

Nilai rata-rata = Jumlah nilai keseluruhan

Jumlah peserta didik

= 3121

= 87

Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI

Semarang.

Pratidina, Meila. 2019. “Penerapan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis

Puisi pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Kota Semarang Tahun Pelajaran

/2019”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Putra, Wardhana Ghalyh dkk. 2020. “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams

Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sejarah Indonesia”. Keraton. Volume

, Nomor 2, Desember 2020, halaman 93—102.

Sriani, Ni Ketut dkk. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk

Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas VII B

SMP Negeri 2 Tampaksiring”. E-Journal. Volume 3, nomor 1, tahun 2015,

halaman 1—11.

Susilowati, Evi. 2019. “Penggunaan Contextual Teaching and Learning dalam

Pembelajaran Menulis Teks Puisi”. Dinamika. Volume 2, nomor 1, Februari 2019,

halaman 19—24.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FPBS UNP

Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang