Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy sebagai Alternatif Bahan Ajar Novel di SMA

Diana Resmi, Sri Suciati, Rawinda Fitrotul Mualafina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai pendidikan karakter dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dan mendeskripsikan novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dalam perannya sebagai alternatif bahan ajar novel di SMA. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan 10 nilai pendidikan karakter dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Nilai pendidikan karakter ini ditemukan melalui analisis terhadap unsur intrinsik yang ada dalam novel. Kesepuluh nilai pendidikan karakter itu antara lain religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, demokrasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Kesepuluh nilai pendidikan karakter ini tercermin pada perilaku tokoh melalui penggambaran langsung penulis dalam cerita, respon tokoh lain yang ada dalam cerita, dan sikap tokoh yang ditunjukkan dalam cerita. Nilai pendidikan karakter yang dominan muncul adalah religius. Dari tiga aspek kriteria pemilihan bahan ajar yang baik, novel ini memenuhi semua kriteria tersebut baik dari aspek bahasa, psikologi, dan aspek latar belakang budaya.

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Ellan Satrio. 2018. “Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter dalam

Novel Supernova: Partikel Karya Dewi Lestari Serta Relevansinya Sebagai

Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA”. Skripsi.

Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Arsanti, Meilan. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif

Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi

PBSI, FKIP, Unissula”. Kredo. Vol. 1 No.2 halaman 71—90.

Darojat, Wahyu Ilmawan. 2020. “Religiusitas Dalam Novel Kembara Rindu Karya

Habiburrahman El Shirazy (Kajian Religiusitas Y. B Mangunwijaya)”. Bapala.

Vol. 6 No. 1 halaman 1—15.

Hartanto, Nanang Puji. 2018. “Nilai Karakter Kerja Keras dan Nilai Karakter Mandiri

Pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Kemungkinannya Sebagai Alternatif

Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. Universitas Negeri

Semarang. Semarang.

Muzahit, Fiqi Haffaf. 2014. “Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Bermuatan

Nilai-nilai Pendidikan Karakter Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di

SMA”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Septika, Via Dilla. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Sirkus Pohon

Karya Andrea Hirata dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA”.

Skripsi. Universitas Lampung. Bnadar Lampung.

Shirazy, Habiburrahman El. 2020. Kembara Rindu (Dwilogi Pembangun Jiwa). Jakarta:

Rebuplika Penerbit.

Sholikha, Mar’atus. 2020. “Maskulinitas Dalam Novel Kembara Rindu Karya

Habiburrahman El Shirazy”. Bapala. Vol.7 No. 1 halaman 1—17.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang