Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Menulis Resensi pada Peserta Didik Kelas XI SMK N 2 Blora Tahun Ajaran 2021/2022

Dian Riska Murniati, Ambarini Asriningsari, Zainal Arifin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran daring menulis resensi pada peserta didik kelas XI SMK N 2 Blora. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data tes dan nontes, sedangkan kuantitatif digunakan untuk menampilkan data nilai dari peserta didik. Langkah-langkah yang digunakan dalam teknik kualitatif dan kuantitatif yaitu observasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu pembelajaran daring dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat diterapkan dalam menulis resensi pada peserta didik kelas XI BDP 2 SMK N 2 Blora tahun ajaran 2021/2022 dengan media Google Meet, peserta didik diminta untuk menulis resensi kemudian dikumpulkan dan dipresentasikan lalu dinilai berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemudian, peserta didik menjadi lebih aktif, mandiri, dan inovatif dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arnelia, Anas. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada

Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Pilar Bangsa”. Proposal

Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah

Tangerang: Tanggerang.

Dewi, Silvya Mega & Teti Sobari. 2018. “Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan

Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI

SMK Citra Pembaharuan”. Parole. Vol 1. No 6, halaman 989—998.

Sadikin, Ali & Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid19”. Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 6. No 02, halaman 214—224.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Ware, Klaudius & Eli Rohaeti. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning dalam

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains

Peserta Didik SMA”. Tadris Kimiya. Vol 3. No 1, halaman 42-51.

Yantama, Sulendari Putri, Syahrul R. & Afnita. 2013. “Penerapan Pembelajaran Berbasis

Masalah dalam Pembelajaran Teks Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4

Sungai Penuh”. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1. No 3, halaman

—114.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: Penerbit FBS

UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i1.11269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang