Keefektifan Pembelajaran E-Learning Berbasis Microsoft Office 365 Teams Menganalisis Teks Drama pada Kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021

Sisca Zulfa Rahmi, Siswanto PHM, Rawinda Fitrotul Mualafina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aturan pembelajaran daring yang diberlakukan oleh pemerintah pada awal Maret 2020, yang menyatakan bahwa pembelajaran dilakukan secara jarak jauh karena adanya pandemi Covid-19. Melihat kondisi seperti ini perlu diupayakan media yang efektif dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi menganalisis teks drama pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021 media yang digunakan pada pembelajaran menganalisis teks drama adalah Microsoft Office 365 Teams. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu teknik tes dan nontes dengan teknik analisis data normalitas dan homogenitas sebagai uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 10,416 setelah itu dibandingkan dengan nilai t tabel, t tabel dengan rumus n1 – 1 = 36-1 = 35 dk = 35, taraf signifikan 1% diperoleh ttabel 2,73 karena thitung > ttabel yaitu 10,416 > 2,73 maka hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut terdapat keefektifan pembelajaran E-learning berbasis Microsoft Office 365 dalam pembelajaran menganalisis teks drama pada kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang tahun ajaran 2020/2021.


Full Text:

PDF

References


Arfina, Yafita Muti. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Online dengan Microsoft

Teams pada Pembelajaran Matematika Materi Program Linier”.

Edukasia. Volume 1: 1—12. Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo.

Arizona, Kurniawan. 2020. “Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu

Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19” Ilmiah

Profesi Pendidikan. Volume 5 (1): 1—7. UIN Mataram.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan

Pembelajaran Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Microsoft Office. 2016. “Memperkenalkan microsoft teams, ruang kerja berbasis

obrolan dioffice 365”. https://www.microsoft.com/id-id/microsoft365/blog/2016/11/02/introducing-microsoft-teams-the-chat-basedworkspace-in-office-365/. Diakses pada 08 Februari 2020 pukul 13.30

WIB.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharmadi, Bambang. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis

Quipper School untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Temanggung”. USEJ. Volume 5

(1): 1—5. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang