Penggunaan Preposisi dalam Teks Deskripsi pada Jawa Pos dan Kompas sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas VII di SMP

Puji Lestari, Ngatmini Ngatmini, Rawinda Fitrotul Mualafina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna penggunaan preposisi dalam teks deskripsi pada Jawa Pos dan Kompas serta mendeskripsikan alternatif bahan ajar preposisi dalam teks deskripsi pada Jawa Pos dan Kompas kelas VII di SMP. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini 1) terdapat bentuk penggunaan preposisi tunggal yang terdiri atas preposisi dasar, preposisi berprefiks serta preposisi berprefiks dan bersufiks, serta terdapat bentuk penggunaan preposisi gabungan yang terdiri atas preposisi berdampingan dan preposisi berkorelasi, 2) terdapat makna penggunaan preposisi, 3) ketidaktepatan penggunaan preposisi di dan pemborosan kata, dan 4) kesesuaian koran Jawa Pos dan Kompas dalam teks deskripsi dengan empat aspek kriteria pemilihan bahan ajar, yaitu aspek kurikulum, aspek bahasa, aspek kepentingan peserta didik, dan aspek grafika.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bahtiar, Effendi Tri. 2015. “Penulisan Bahan Ajar”. Jurnal ResearchGate.

Chaer, Abdul.1990. Penggunaan Preposisi dan Konjungsi Bahasa Indonesia.NTT:

Nusa Indah.

Efendy, Ahmad Rudi. 2016. “Penggunaan Konjungsi dan Preposisi dalam Teks

Berita pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kaliwugu Kendal Tahun Ajaran

/2016”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Harsiati, Tutik dkk. 2017. Bahasa Indonesi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Lestari, Yula Biolita. 2019. “Penggunaan Kesalahan Preposisi dalam Karangan

Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siliragung”. Skripsi. Jember:

Universitas Jember.

Ningrum, Fitri. 2020. “Penerapan Model Scramble Dalam Pembelajaran Teks

Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Islam Sumorejo Semarang

Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Semarang:Universitas PGRI Semarang.

Putri, Desi Tiara, Dkk. 2019. “Kesalahan Penggunaan Preposisi Di dan Ke Pada

Cerpen Siswa Kelas XI A SMK N 6 Padang”. Jurnal keilmuan Bahasa.

Padang: Universitas Negeri Padang.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.

Safitri, Nina Hayati, Dkk. 2014. “Ketepatan Penggunaan Preposisi Dalam Berita

Utama Koran Singgalan”. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Padang: Universitas Bung Hatta.

Sudaryanto.2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata

Dharma University Press.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang