Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra untuk SMA

Ulfiana Ulfiana, Ambarini Asriningsari, Muhajir Muhajir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu simak, catat, dan teknik studi pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini diperoleh dari menemukan, menganalisis, dan menyimpulkan nilai pendidikan karakter sesuai dengan teori yang ada. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil analisis data ditemukan terdapat 70 data. Berdasarkan hasil data tersebut, maka novel Guru Aini karya Andrea Hirata dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra untuk SMA. Khususnya agar peserta didik dapat menerapkan nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Al-Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. 2017. Pengkajian Sastra: Teori

dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.

Buan, Yohana Afliani Ludo. 2020. Guru dan Pendidikan Karakter: Sinergitas

Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di

Era Milenial. Indramayu Jawa Barat: Penerbit Adab.

Harjito. 2006. Melek Sastra. Semarang: Kontak Media.

Hirata, Andrea. 2020. Guru Aini. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Nurhuda, Teguh Alif, Herman J. Waluyo, dan Suyitno. 2018. “Nilai-Nilai

Pendidikan Karakter pada Novel Simple Miracles Karya Ayu

Utami.” Literasi. Volume 8, Nomor 1, Januari 2018, halaman

—18.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam

Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter

(Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: CV

Pustaka Setia.

Suprapti. 2018. “Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Novel Negeri

Menara Karya Ahmad Fuadi Serta Implementasinya sebagai Bahan

Ajar Sastra di SMP (Kajian Intertekstual)”. Stilistika. Volume 4,

Nomor 2, 2018, halaman 117—124.

Wardani, Yoan Fucshy dan Sri Suhita. 2018. “Nilai Pendidikan Karakter

dalam Novel Rindu Karangan Tere Liye: Tinjauan Psikologi

Karakter.” AKSIS. Volume 2, Nomor 2, Desember 2018, halaman

—274.

Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: FBS

UNP Press Padang.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang