Penggunaan Kalimat Efektif dalam Buku Berbicara Itu Ada Seninya Karya Oh Su Hyang

Ririn Tri Pratiwi, Nanik Setyawati, Rawinda Fitrotul Mualafina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kalimat efektif pada buku Berbicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode dan teknik penyediaan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu metode simak dengan menggunakan teknik dasar berupa teknik kepustakaan dan teknik lanjutan berupa teknik baca dan teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini, yaitu metode agih dengan menggunakan teknik dasar berupa teknik bagi unsur langsung atau teknik BUL, sedangkan teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik lesap dan teknik baca markah. Metode dan teknik penyajian hasil analisis data yang dilakukan, yaitu metode informal. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa sebagaian besar kalimat dari buku Berbicara Itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang sudah efektif. Namun, terdapat beberapa kalimat yang tidak efektif. Penggunaan kalimat efektif berjumlah 321 kalimat (89,16%), sedangkan kalimat tidak efektif berjumlah 39 kalimat (10,83%).


Full Text:

PDF

References


Astuti, Dewi. 2011. “Penggunaan Kalimat Efektif dalam Karangan Argumentasi Pada

Siswa Kelas X-AP 1 SMK Cyber Media Tahun Pelajaran 2010/2011”.

Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Febriantika, Reza. 2016. “Keefektifan Kalimat pada Tajuk Rencana Surat Kabar

Harian Lampung Post Edisi Maret 2015 dan Implikasinya Pada

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK”. Skripsi. Lampung: Universitas

Lampung.

Listika, Mega, Sesetyo, Nafri Yanti. 2019. “Penggunaan Kalimat Efektif pada Artikel

Open Journal System (OJS) Korpus”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan

Seni. Volume 03, Nomor 02, halaman 183—190.

Maruka, Sarima R. 2018. “Penggunaan Kalimat Efektif dalam Poster pada Majalah

Dinding di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas

Tandulako”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 03, Nomor

, halaman 1—8.

Rahayu, Minto. 2009. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Mata Kuliah

Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sapraningtyas, Dyah Hanum. 2019. “Analisis Ketidakefektifan Kalimat pada Teks

dalam Buku Paket Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017”.

Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian

Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma

University Press.

Widjono Hs. 2007.Bahasa Indonesia: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di

Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wijayanti, Sri Hapsari dkk. 2013. Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya

Sastra. Jakarta: Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v10i2.14531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang