Unsur Intrinsik pada Teenlit The Boy I Knew from Youtube dan A Sky Full of Star sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA

Achmad Al Amin, Sri Suciati, Setia Naka Andrian

Abstract


This study aims to describe the intrinsic elements in the teenlit The Boy I Knew From Youtube and A Sky Full of Stars as an alternative material for learning literary appreciation in high school. Data collection in this study is a listening technique and a note-taking technique. The listening technique is used to obtain the data contained in the object of research (teenlit discourse experience). The data obtained were taken from data sources by reading teenlit novels. The results of this study are that both Teenlit The Boy I Knew From Youtube and A Sky of Stars can be used as teaching materials for literary appreciation in high school because the intrinsic elements have special features and story schemes that support and in terms of language, psychology, and socio-cultural backgrounds in these two research studies are very close to the lives of today's youth and raise problems in the youth world with a very communicative style of storytelling.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan unsur intrinsik pada teenlit The Boy I Knew From Youtubedan A Sky Full of Stars sebagai alternatif bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMA. pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Teknik simak dipergunakan untuk memperoleh data-data yang terdapat dalam objek penelitian (pengalan wacana teenlit). Data-data yang diperoleh diambil dari sumber data dengan membaca novel teenlit. Hasil penelitian ini adalah kedua Teenlit The Boy I Knew From Youtube dan A Sky of Stars dapat digunakan sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA karena pada unsur-unsur intrinsiknya memiliki keistimewaan serta skema cerita yang mendukung serta dari segi bahasa, psikologi, dan latar sosial budaya pada kedua teenlit ini sangat dekat dengan kehidupan remaja masa kini dan mengangkat permasalahan di dunia remaja dengan gaya penceritaaan yang sangat komunikatif.


Keywords


teenlit novel; language aspect; psychology aspect; socio-cultural background; literary appreciation learning

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. . Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam KaryaSastra.Semarang: IKIP Semarang Press.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Kusmarwanti. 2005. ‘‘Teenlit dan Budaya Menulis di Kalangan Remaja, Menuju BudayaMenulis: Sebuah Bunga Rampai’’. Ed. Pangesti Wieadarti. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nurgiyantoro, Anwar efendi. 2013. ‘‘pengembangan bahan ajar pembelajaran sastra remaja untuk menunjang pendidikan karakter siswa sekolah menengah pertama’’. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmanto B. 1998. Metode Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang