Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 02 Tegowanu

Imam Dzulfikar, Nazla Maharani Umaya, Zainal Arifin

Abstract


The purpose of this study is to describe the application of the mind mapping method in learning to write poetry for class VIII students of SMP N 02 Tegowanu in the 2021/2022 academic year. The method in this study uses a descriptive qualitative approach. The population in this study were all eighth grade students of SMP N 02 Tegowanu in the 2021/2022 academic year. The sample in this study was class VIII C which was taken using simple random sampling technique. The data collection technique used is a test in the form of poetry writing skills using the mind mapping method and non-test in the form of observation and interviews. The results of the application of the mind mapping method in learning to write poetry for class VIII students of SMP N 02 Tegowanu in the 2021/2022 academic year obtained the highest score of 95 and the lowest score of 75, with the percentage of students' average score of 85%.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa keterampilan menulis puisi menggunakan metode mind mapping dan nontes berupa observasi dan wawancara. Hasil penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah yang didapatkan 75, dengan presentase nilai rata-rata peserta didik 85 %.


Keywords


mind mapping method; learning to write; writing poetry

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Media

Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Chasanati, Dhini Huda. 2019. “Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Depok: RajaGrafindo Persada

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Harjito dan Nazla Maharani Umaya. 2009. Jurus Jitu Menulis Ilmiah dan Populer. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Jabrohim, Suminto A. Sayuti, dan Chairil Anwar. 2001. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Prayoga, Imantara Kukuh. 2019. “Penerapan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 03 Tonjong Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kauntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wahyuningsih, Sri. 2018. “Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Outdoor Leraning dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi SMA Negeri 11 Semarang pada Peserta Didik Kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Universitas PGRI Semarang

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i2.16151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang