Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 02 Tegowanu
Abstract
The purpose of this study is to describe the application of the mind mapping method in learning to write poetry for class VIII students of SMP N 02 Tegowanu in the 2021/2022 academic year. The method in this study uses a descriptive qualitative approach. The population in this study were all eighth grade students of SMP N 02 Tegowanu in the 2021/2022 academic year. The sample in this study was class VIII C which was taken using simple random sampling technique. The data collection technique used is a test in the form of poetry writing skills using the mind mapping method and non-test in the form of observation and interviews. The results of the application of the mind mapping method in learning to write poetry for class VIII students of SMP N 02 Tegowanu in the 2021/2022 academic year obtained the highest score of 95 and the lowest score of 75, with the percentage of students' average score of 85%.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa keterampilan menulis puisi menggunakan metode mind mapping dan nontes berupa observasi dan wawancara. Hasil penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP N 02 Tegowanu tahun pelajaran 2021/2022 diperoleh nilai tertinggi 95 dan nilai terendah yang didapatkan 75, dengan presentase nilai rata-rata peserta didik 85 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Media
Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Chasanati, Dhini Huda. 2019. “Penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Demak Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang
Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Depok: RajaGrafindo Persada
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Harjito dan Nazla Maharani Umaya. 2009. Jurus Jitu Menulis Ilmiah dan Populer. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Jabrohim, Suminto A. Sayuti, dan Chairil Anwar. 2001. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Prayoga, Imantara Kukuh. 2019. “Penerapan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP N 03 Tonjong Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kauntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wahyuningsih, Sri. 2018. “Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Outdoor Leraning dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi SMA Negeri 11 Semarang pada Peserta Didik Kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Universitas PGRI Semarang
Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i2.16151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang