Analisis Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi
Abstract
The purpose of this study is to describe the educational values contained in the novel Negeri 5 Menara. Approach The method used in this research is descriptive qualitative with literature study technique. Data collection techniques used using reading and note-taking techniques. The results of the research that have been carried out have found that there are four educational values contained in the novel Negeri 5 Menara, namely the value of moral education, the value of social education, the value of cultural education and the value of aesthetic education.
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara. Pendekatan Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitan yang telah dilakukan ditemukan adanya empat nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara yaitu nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya dan nilai pendidikan estetika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, Novrizal, dkk. 2018. “Analisis Nilai Religius Dalam Film Negeri 5 Menara Yang Diadaptasi dari Novel Ahmad Fuadi”. Cimahi: IKIP Siliwangi.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim. 2014. Ilmu Pendidikan Teoretis Dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ramdhani, Feri Mutri, dkk. “Analisis Nilai Novel Negeri 5 Menara dan Implikasi terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah: Psikologi Sastra”. Mataram: Universitas Mataram.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wiyatmi. 2008. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v12i1.16171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang