Penerapan Media Powtoon dalam Menulis Teks Persuasif Kelas VIII Smp Negeri 5 Jepara

Dinda Oktania Prastiwi, Mukhlis Mukhlis, Azzah Nayla

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan hasil penerapan media Powtoon dalam pembelajaran menulis teks persuasif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Jepara tahun pembelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penerapan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis hasil wawancara, soal, dan observasi yang didapatkan dari penelitian 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar soal Bahasa Indonesia, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan media powtoon dalam menulis teks persuasif dapat diterapkan dengan baik didukung dengan hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dari hasil tes dalam penelitian. Nilai rata-rata yang diperoleh 82. Sebanyak 10 peserta didik memperoleh nilai di atas KKM. Peserta didik yang memperoleh rentang nilai 70-85 dengan kategori baik berjumlah delapan orang, dan dua orang peserta didik memperoleh rentang nilai 86-100 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data belajar menulis teks persuasif menggunakan media powtoon dapat diterapkan dengan baik, dibuktikan dengan nilai rata- rata siswa yaitu 82. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara dan hasil observasi yang memperlihatkan bahwa penggunaan media powtoon dalam pembelajaran menulis teks persuasif dapat diterapkan dan dapat meningkatkan daya tarik peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menulis teks persuasif peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 5 Jepara.


Keywords


penerapan; media powtoon; menulis; teks persuasif

Full Text:

PDF

References


Bomasti. Alexandro. 2019. Pengembangan LKPD Menulis Teks Persuasif Menggunakan Video Untuk Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal J Simbol. Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Lampung.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Tentang Implementasi Kurikulum

Kemendikbud. 2018. Permendikbud Nomor 42 Tahun 2018 tentang Kebijakan Nasioanal Kebahasaan dan Kesastraan

Kemendikbud. 2020. Permendikbud Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v12i1.18376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Prodi PBSI FPBS UPGRIS didistribusikan di bawah Lisensi Creative Commons 4.0.

© 20132025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang