Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Augmented Reality (Ar) sebagai Media Ajar Bahasa Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah dapat ditemukan persepsi mahasiswa terhadap augmented reality sebagai media ajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes. Data yang digunakan ialah hasil angket dan mahasiswa sebagai sumber data. Intrumen penelitian menggunakan angket yang akan diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unissula. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan cara mendeskripsikan hasil angket. Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemuakan bahwa sebagaian besar mahasiswa tertarik terhadap augmented reality sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan media sangat mempengaruhi hasil belajar. Sehingga, media berbasis augmented reality sangat cocok untuk beberapa materi pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulghani, Tarmin, dan Bambang Plasmana Sati. 2019. “Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran”. Media Jurnal Informatika, Vol. 11, no.1. http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika.
Broto, Gatot S. Dewa. 2017. “Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet”. www. kominfo.go.id.
Firdaus, Muhammad dan Nuzulul Mas’ud. 2018 “Aplikasi Pengenalan Anatomi Tubuhmanusiapada Sistem Kerangka, Sistem Pencernaan dan Sistem Pernapasan Berbasis Teknologi Augmented Reality”. JURNAL. http://repository.untag-sby.ac.id/1265/9/JURNAL.pdf
Hidayat, T. 2015. “Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi bagi Anak”. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77–92. Retrieved from http://citec.amikom.ac.id/main/in dex.php/citec/article/view/39%5Cn h ttp://citec.amikom.ac.id/main/ind
Mukti, Fajar Dwi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim”. Elementary Vol. 7 No. 2. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/6351/0.
Saputri, D. S. C. 2017. “Penggunaan Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dan Hasil Belajar”. JUTISI Vol. 6 No.1 , April 2017, 6, 1357–1366.
Susanto, et.al. 2022. “Pengembangan Aplikasi Smart-Book sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Berbasis Augmented Reality.” Jurnal MNEMONIC, Vol 5, No.1,. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/mnemonic/article/view/4438.
DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v12i1.18383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
© 2013–2025, Prodi PBSI FPBS Universitas PGRI Semarang